Dua Hari Ujicoba Ganjil Genap Margonda, Ratusan Kendaraan Diputar Balik

144
Aparat gabungan saat mengatur lalin penerapan ganjil genap

Margonda | jurnaldepok.id
Pelaksanaan ujicoba ganjil genap di Jalan Margonda rencananya akan berlangsung selama bulan Desember 2021. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra.

“Selama sebulan akan kami uji coba dulu. Setelah itu akan ada kajian ulang evaluasi bersama unsur stakholder terkait untuk pembahasan lebih lanjut akan diteruskan atau tidak,” ujarnya Jhoni, kemarin.

Pihaknya akan melakukan evaluasi jika memang adanya kemacetan di jalan alternatif lainnya. Penerapan ganjil genap dinilai efektif untuk mengurai kemacetan karena dapat menekan volume kendaraan di kawasan tersebut.

“Perkiraaan kami ini (ganjil genap,red) mampu menekan laju kendaraan sebanyak 30 persen,” katanya.

Dia menambahkan, pelaksanaan gage ini masih bersifat sosialisasi, sehingga tidak ada sanksi yang diterapkan seperti melakukan penilangan. Adapun kendaraan yang menjadi sasaran dari program ini adalah kendaraan roda empat.

Akan tetapi khusus untuk kendaraan yang mempunyai prioritas utama seperti ambulance dan mobil pemadam kebakaran tidak terkena program ini.

“Sepeda motor enggak kena gage, kendaraan grab dan online lainya enggak kena gage,”katanya.

Pelaksanaan gage ini sudah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Depok dan Perangkat Daerah (PD) terkait.

“Kami sudah koordinasi dengan instansi terkait, bahkan sudah mendapatkan dukungan dari Wali Kota Depok,” terangnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, jika penerapan gage ini merupakan upaya mereka dalam mengurai kemacetan di ruas Jalan Margonda Raya terutama saat setiap akhir pekan.

“Kami telah melihat dan menghitung pada 20-21 November 2021, jumlah kendaraan yang melintas di Margonda dari pukul 12:00-18:00 WIB mencapai puluhan ribu kendaraan. Sabtu 57 ribu kendaraan, Minggu 50 ribu kendaraan,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan ruas Jalan Margonda Raya yang terbilang kecil dengan beban lalulintas kendaraan yang begitu besar. Progam gage ini menjadi salah satu solusi yang relevan untuk mengurai kepadatan lalulintas.

“Kami berupaya mencegah kemacetan lalu lintas di Jalan Margonda. Bagi masyarakat harap untuk mengikuti kebiasaan baru di tengah masa pandemi dalam pemberlakuan ganjil genap untuk mengurangi mobilitas masyarakat,” terangnya.

Hasil pantauan di lapangan, ratusan kendaraan diputar balik pada saat penerapan ganjil genap yang dilakukan pada Sabtu dan Minggu, (4-5/12). n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here