Peringati Hari Aids Sedunia, Warga Binaan Rutan Cilodong Dicek HIV

4
Petugas kesehatan saat melakukan pengecekan HIV terhadap warga binaan

Cilodong | jurnaldepok.id
Warga binaan di Rumah Tahanan Kelas 1 Depok mendapatkan uji skrining atau pemeriksaan kesehatan berupa cek TB HIV sebagai langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu bukti kepedulian lembaga pemasyrakatan bersama pemerintah daerah terhadap sejumlah warga binaan.

“Membina dan menjaga merupakan tanggungjawab yang diemban petugas pemasyarakatan untuk memberikan berbagai program pembinaan kepada para WBP. Pagi ini dalam rangka menyambut hari AIDS sedunia, Rutan Kelas I Depok bersama Tim Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan kegiatan skrining TB-HIV kepada WBP,” ujarnya, kemarin.

Lebih lanjut Irvan mengungkapkan, selain diadakannya skrining TB-HIV, kegiatan ini pun diisi dengan berbagai pemeriksaan lainya, yakni pemeriksaan penyakit tidak menular serta dilakukan pemberian vaksin COVID-19bagi beberapa WBP yang belum divaksinasi.

“Kami ucapkan terimaksih banyak atas bantuan serta kerjasama Tim Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Depok dalam melakukan kegiatan skrining TB-HIV. Mari kita bersama-sama terapkan pola hidup sehat, karena hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri,”katanya.

Irvan berharap, dengan adanya kegiatan skrining ini WBP dapat terus menjaga serta benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan serta tetap menerapkan pola hidup sehat dalam melakukan aktivitas.

“Karena penularan dan pencegahan bisa dimulai dari diri kita sendiri, lebih baik mencegah dari pada harus mengobati,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here