Wali-Wakil Wali Kota Sikapi Rencana Pemberlakuan Ganjil Genap, Ini Kata Mereka

115
Mohammad Idris-Imam Budi Hartono

Margonda | jurnaldepok.id
Wali-Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono menanggapi rencana uji coba pemberlakuan ganjil genap pada, 4 Desember mendatang oleh Polres Metro Depok.

“Ini sebenarnya kewenangan dan arahan dari Polda sehingga kami berkoordinasi dengan mereka memberikan masukan, secara teknis akan dibicarakan kembali sebelum uji coba digelar,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Rabu (24/11).

Ia menambahkan, untuk ganjil genap, pihaknya telah melakukan kajian cukup lama sekitar tiga tahun.

“Ini baru ada keputusan dan ‘keberanian’ arahan dari Polda yang memiliki kewenangan dalam pengaturan lalu lintas, ini khusus roda empat. Ya namanya uji coba, terkadang kajian dan teori enggak tepat juga, kita lihat saja nanti,” paparnya.

Dari itu, Idris berharap ada masukan-masukan dari masyarakat terkait dampak dari penerapan ganjil genap tersebut.

“Pasti ada ekses, namun dilihat nanti apakah eksesnya ini lebih parah ketimbang tidak ada gage, atau memang bisa membantu, nanti akan dievaluasi,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. Ia mengatakan, kajian sudah dilakukan bertahun-tahun.

“Ini dalam rangka mengurai kemacetan terus menerus di Margonda maka akan diberlakukan ganjil genap. Sudah dikomunikasikan dan sudah disosialisasikan,” tandasnya.

Dari itu, Imam berharap masyarakat dapat lebih banyak menggunakan transportasi umum.

“Pertama untuk mengurangi polusi udara, kedua dapat meningkatkan penghasilan bagi para sopir angkot dan ojek online. Sabtu-Minggu kami sarankan kalau mau jalan-jalan ke Margonda naik angkot dan ojol, agar Margonda polusinya berkurang dan kedepan bisa jalan kaki dengan trotoar yang bagus,” katanya.

Imam berharap, penerapan ganjil genap nantinya dapat efektif dan mampu meningkatkan pendapatan sopir angkutan umum dan mengurangi polusi di kawasan Margonda. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here