Agar Tidak Dimaling Lagi, Penutup Gorong-gorong Kini Dipasangi Gembok

62
Seorang warga saat menunjukkan penutup gorong-gorong yang hilang kembali

Margonda | jurnaldepok.id
Mengantisipasi maraknya pencurian besi penutup saluran air atau gorong Pemkot Depok telah membuat kunci pada besi permanen tersebut.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya telah membuat kunci permanen pada besi penutup saluran air di beberapa daerah yang rawan dicuri.

“Kalau untuk mengunci atau membuat kunci permanen sudah kami lakukan di beberapa tempat, khususnya untuk daerah-daerah rawan. Kebanyakan memang belum,” ujarnya, kemarin.

Idris mengatakan, pihaknya berharap kesadaran penuh dari masyarakat untuk gotong-royong menjaga aset negara ini.

“Biar tidak dicuri lagi, pertama, kami mengharap kesadaran masyarakat untuk gotong royong. Untuk menjaga bahwa ini aset negara, bukan pribadi. Jadi punya warga juga,” katanya.

Terkait besi penutup saluran air yang telah dicuri, Idris mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk menggantinya.

“Ya harus diganti. Itu memang ada anggaran-anggaran yang sifatnya pemeliharaan,” jelasnya.

Peeristiwa pencurian besi penutup gorong-gorong tidak hanya terjadi di Jalan Margonda, Beji, akan tetapi beraksi di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, dekat turunan Cakra Buana.

Aksi pelaku juga terekam CCTV yang memperlihatkan sedang melakukan pencurian tutup gorong-gorong, dimana pelaku menggunakan angkutan umum untuk melancarkan aksinya.

Dalam video itu juga terlihat pelaku berjumlah lima orang. Tiga pelaku keluar dari angkutan umum dan mencoba mengambil penutup gorong-gorongnya, sedangkan satu pelaku terlihat duduk di kursi depan dan satu pelaku duduk di kursi bagian belakang.

Saat penutup gorong-gorong itu berhasil diambil, kedua pelaku langsung mengangkat dan meletakkan penutup gorong-gorong ke bagian belakang angkutan umum. Terlihat juga saat itu beberapa kendaraan melintasi tempat kejadian.

Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Tri Harjadi mengatakan sampai saat ini pelaku belum berhasil diamankan. Penyelidikan kasus ini akan dilanjutkan secara bersamaan dengan kejadian pencurian penutup gorong-gorong yang ada di Margonda.

Sebelumnya, sejumlah penutup gorong-gorongdi Jalan Margonda Raya, Depok, raib dicuri kawanan yang naik angkot. Polisi mengungkap modus pelaku pura-pura perbaiki angkot.

“Iya ini sama juga pakai angkot,” kata Kapolsek Beji Kompol Agus Khaeron.

Pencurian penutup gorong-gorong ini terjadi pada, Kamis (4/11) sekitar pukul 01.48 WIB. Aksi para pelaku sempat terekam CCTV di sekitar lokasi.

Menurut Agus, pelaku yang kerap beraksi melakukan pencurian penutup gorong-gorong di Margonda memang memanfaatkan angkot dalam tiap melakukan aksinya.

“Kendaraan angkot itu digunakan sebagai kamuflase agar masyarakat tidak curiga saat pelaku melakukan pencurian kepada penutup gorong-gorong tersebut,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here