Awas! Operasi Zebra Dimulai, Berikut Lokasinya di Wilayah Depok

1147
Petugas Satlantas Polres Metro Depok saat melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan

Margonda | jurnaldepok.id
Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok mulai 15 hingga 28 Nopember 2021 menggelar Operasi Zebra.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, pelaksanaan operasi Zebra Jaya 2021 ini akan dilaksanakan terhitung hari ini (kemarin,red) sampai tanggal 28 November 2021 nanti.

“Dalam operasi Zebra Jaya kali ini lebih kedepankan upaya prepentif ketimbang represif atau penindakan. Anggota lebih humanis dalam memberikan teguran dan jika itu sudah dapat membahayakan bagi pengendara, maka upaua represif berupa tindakan tilang akan dilakukan petugas,” ujarnya kepada wartawan didampingi Kanit Kamsel Satlantas Polres Metro Depok, AKP Elly usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya di lapangan Mapolrestro Depok, Senin (15/11).

Dia menambahkan, untuk sasaran pelanggaran yaitu penggunaan knalpot bising (tidak standar) sesuai Pasal 285 ayat 1 Jo Pasal 106 ayat 3 dengan kurungan sebulan dan denda paling banyak Rp 250 ribu.

Lalu, sambungnya, penggunaan rotator atau strobo tidak sesuai kendaraan pasal 287 dengan kurungan sebulan dan denda Rp 250 ribu.

“Terakhir balap liar sesuai Pasal 287 Jo Pasal 115 huruf B kurungan setahun dan denda Rp 3 juta. Operasi kali ini masih ditengah pandemi Covid-19 sehingga kami tetap kedepankan protokol kesehatan, sekaligus memberikan sosialisasi imbauan serta turun langsung membagikan masker juga kepada pejalan kaki serta penggunaan jalan kendaraan bermotor di jalan,” tuturnya.

Dikatakannya, pelaksanan Operasi Zebra dilakukan secara mobile dan tidak ada stasioner.

“Titik sasaran masih di jalan protokol seperti di Jalan Raya Sawangan dan Jalan Raya Bogor. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk taat tertib berlalulintas di jalan dengan harapan dapat menciptakan Kamtertibcarlantas serta mengurangi angka kecelakaan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk jumlah personil gabungan yang diturunkan dalam Operasi Zebra 2021 ini ada 185 anggota terdiri dari Dishub, Satpol PP, Damkar dan Kodim. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here