Setelah Sesi Wawancara Enam Calon Kepala Dinas Gugur, Kini Mengerucut jadi 15 Orang

265
Mohammad Idris

Bojongsari | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, setelah melakukan tahapan wawancara pada 8-9 November 2021 kemarin, pihaknya mengambil 15 orang dari 21 calon kepala dinas yang namanya telah diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Sudah kami wawancarai semua, berita acaranya sudah dikirim hari ini, Jumat (12/11) untuk tiga besar dari lima dinas ke KASN. Nanti mereka akan melihat kesesuaian dengan proses, apakah sudah sesuai, ada pelanggaran atau tidak. Kalau tidak, nantinya dikembalikan ke kepala daerah untuk menentukan satu nama di masing-masing dinas,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari KASN terkait jawaban surat berita acara tersebut.

“Mereka kan melihat, kalau sedikit biasanya cepat, tapi kan ini ada 15 orang yang harus diteliti satu persatu. Baik dari sisi keshatan dan lainnya. Nilai tertinggi (yang diambil,red) versi pansel,” paparnya.

Namun begitu, sambungnya, kepala daerah memiliki kebijakan khusus terkait dengan bidang-bidang yang digeluti calon kepala dinas tersebut.

“Yang jelas kepala daerah bersama Baperjakat bisa menentukkan, selama tidak ada nilai yang diragukan. Jadi nantinya sudah pasti dan ada pertimbangan-pertimbangan khusus ketika ada penentuan satu orang untuk menjadi kepala dinas,” katanya.

Ketua Panitia Seleksi lima calon kepala dinas Pemerintah Kota Depok, H Supian Suri menambahkan, tugas pansel sudah selesai dan ada tiga besar untuk masing-masing jabatan.

“Setelah diperoleh tiga besar dari lima calon kepala dinas, kami telah bersurat ke KASN untuk meyakinkan dan menanyakan apakah yang kami lakukan sudah sesuai prosedur atau belum. Kalau dari KASN jawabannya sudah sesuai prosedur, nantinya akan dikembalikan semua ke kami dan Pak Wali baru memilih salah seorang di antara tiga besar per jabatan. Ya (langsung diambil satu nama,red),” tandasnya.

Ia berharap, keputusan yang diambil oleh KASN tidak terlalu lama dan pekan depan sudah ada keputusan.

“Mudah-mudahan di pekan ketiga Pak Wali sudah bisa melantik. Paling lambat akhir November,” jelasnya.

Supian yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Depok mengungkapkan, ranah pansel hanya sampai di tiga besar.

“Dari tiga besar itu tinggal pertimbangan Pak Wali secara otoritas beliau, walaupun tetap menanyakan dan diskusi, itu bagian dari meyakinkan. Tapi keputusan akahir di Pak Wali,” tukasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok membuka lelang jabatan untuk lima calon kepala dinas. Adapun jabatan kepala dinas yang dilelang diantaranya Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here