Empang Budidaya Gurame Tertimbun Longsor, Petani Rugi Puluhan Juta

41
Petugas saat membersihkan lokasi longsor

Cilodong | jurnaldepok.id
Peristiwa tanah longsor di RT 04 RW 01 Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, menimpa kolam budiaya ikan gurame milik H Amsari.

Asmari kepada wartawan mengatakan, hujan deras yang terjadi pada, Minggu (7/11) sore menyebabkan turap di lokasi pondok pesantren penghafal Quran ambruk.

“Puing-puing tanah longsor menimpa empang kami yang ada dibawahnya karena longsor sangat kencang saat kejadian,”katanya, Senin (8/11).

Akibatnya, kata dia, bibit ikan Gurame yang sudah dipeliharanya terbawa arus banjir dengan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

“Kalau kami hitung kerugian mencapai puluhan juta rupiah,” paparnya.

Dia mengatakan, tidak hanya kolam empang yang tertimpa reruntuhan longsor akan tetapi longsoran tanah juga memasuki pekarangan rumah warga.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Kota Depok, Denny Romulo mengungkapkan, untuk lokasi banjir terparah terjadi di Blok Wadas RT 03, RW 04 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

Di tempat itu, sebanyak 12 jiwa dari 6 Kepala Keluarga (KK) terpaksa dievakuasi menggunakan perahu karet dan diungsikan ke wilayah yang lebih tinggi tak jauh dari lokasi kejadian.

“Semua sudah berhasil dievakuasi,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (8/11).

Selain itu, banjir terparah juga terjadi di Kavling Sempu Indah RT 03, RW 01, Kelurahan Cipayung, Depok. Adapun jumlah warga yang terdampak sebanyak lima KK.

“Kalau di dekat Lapangan KONI Cagar Alam, Pancoran Mas, banjir merendam 60 rumah. Dan di RT 06, RW 03, Kelurahan Limo jumlah warga yang terdampak 14 KK,” jelasnya.

Selain mengevakuasi warga yang terdampak, petugas juga telah memberikan sejumlah bantuan, di antaranya kebutuhan pokok dan obat-obatan.

Data yang dihimpun menyebutkan, sejumlah lokasi banjir yang terjadi pada Minggu sore di antaranya, di kawasan Jalan Mampang, Ratu Jaya, kemudian di Jalan Mawar wilayah Pasir Putih, Gang Haji Samsudin Cisalak, Depok.

Tak hanya itu, banjir juga merendam pemukiman warga di Komplek Marinir, Kampung Limo Kopo, Kampung Lio, Gang Sayuti Citayam, wilayah Gandul, Jalan Arif Rahman Hakim.

Selanjutnya banjir juga merendam rumah warga di Kavling Sempu Indah, deket lapangan KONI Cagar Alam dan di wilayah Grand Depok City dekat kantor DPRD Depok.

Ketinggian air di sejumlah titik banjir tersebut bervariasi. Dari sekira 50 cm hingga 1,5 meter. Saat ini air berangsur-angsur surut. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here