Cuaca Ekstrim, DLHK Depok Siagakan Satgas Pohon Tumbang

6
Petugas DLHK bersama Polisi saat memangkas pohon rawan tumbang

Cimanggis | jurnaldepok.id
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mensiagakan Satuan Tugas (Satgas) pohon tumbang.

Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Indra Kusuma saat ditemui wartawan di kegiatan Pokja Wartawan dan Alfa Mart menanam pohon di Kemirimuka mengatakan, intensitas hujan yang beberapa hari ini mulai tinggi membuat DLHK menyiagakan Satgas Pohon. Termasuk dump truck untuk mengevakuasi pohon tumbang secara cepat.

“Intensitas hujan kembali tinggi dan cuaca akhir-akhir ini cukup buruk. Kami sudah antisipasi dengan menyiagakan minimal 10 Satgas Pohon serta dua unit armada berupa dump truck guna mengevakuasi pohon tumbang,” ujarnya, kemarin.

Dikatakannya, pihaknya juga siaga 24 jam dalam menerima laporan warga. Terutama terkait adanya pohon tumbang maupun pohon yang rawan tumbang.

“Kami tidak bisa prediksi cuaca dan pohon rawan tumbang. Pohon yang teridentifikasi sehat, bisa saja roboh akibat kekuatan angin yang begitu kencang,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah memasang rambu pada sejumlah pohon rawan tumbang di beberapa wilayah.

“Semua itu guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Kami berharap masyarakat peduli dan memperhatikan hal-hal tersebut,”katanya.

Sementara itu Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok bersama DLHK melakukan pemangkasan pohon di sejumlah ruas jalan di Kota Depok.

Kanit Kamsel Sat Lantas Polrestro Depok, AKP Elly Padiansari mengatakan, pohon yang dipangkas di sepanjang Jalan Ir H Juanda arah Jalan Margonda Raya ( Medan 9) Kota Depok.

Lokasi lainnya Ir.H. Juanda (Medan 9) arah Jalan Raya Bogor Kota Depok dan Ir H Juanda arah Margonda Raya Kota Depok.

“Anggota kami melaksanakan kegiatan prasjal dengan pemotongan pohon-pohon yang menutupi rambu-rambu petunjuk dan larangan serta antisipasi rawan pohon tumbang dalam rangka jalan yang berkeselamatan,” tandasnya.

Sebelumnya, beberapa peristiwa pohon tumbang di antaranya terjadi di wilayah Bedahan, kemudian di Jalan Raya Sawangan dekat DTC, dan di kawasan Duren Seribu, Bojongsari. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here