Turap Kali Anak Cipinang Longsor, Rumah Warga Alami Kerusakan

77
Terlihat kanopi rumah milik warga rusak lantaran tergerus longsor

Tapos | jurnaldepok.id
Pagar rumah warga yang berlokasi di RT 7/5 Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, rusak diterjang turap longsor di Kali Anak Cipinang Gang Makam TPU Tapos.

Salah satu warga, Teguh mengatakan, kejadian ambruknya turap terjadi pada pukul 11.00 WIB.

“Saat kejadian kami dan keluarganya sempat takut akan suara gemuruh dari turap sepanjang 30 meter dengan ketinggian 4 meter ini, tiba-tiba ambruk,” ujarnya, kemarin.

Diduga akibat gerusan air dan beban turap tidak seimbang membuat turap ambruk sempat merusak sebagian rumah warga yang berada di depan kali.

Teguh yang rumahnya rusak meminta agar pihak Pemda Depok dapat mengganti kerusakan yang dialaminya tersebut. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Sementara Lurah Sukamaju Baru, Pairin kepada wartawan mengatakan, telah menegur pemilik pagar yang menempel bangunan di atas turap.

Pairin mengatakan, ada 20 KK lebih yang terancam banjir karena aliran kali tertutup dan bisa meluap ke permukiman warga.

“Tapi satgas banjir sudah di lokasi evakuasi material. Mudah-mudahan bisa cepat tertangani. Sampai saat ini, sekitar lima orang petugas mengevakuasi secara manual dibantu warga sekitar,” katanya.

Longsor juga terjadi di RT 03/02 kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

“Longsor ini sudah kesekian kalinya, kami sebagai ketua lingkungan terus menanyakan realisasi pembangunan turap agar warga sedikit lega saat hujan datang,”kata ketua RT 03/02, Somad.

Dikatakannya, pergeseran TPA Cipayung terus menggerus tanah warga kurang lebih 2.000 meter lahan yang hilang. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here