PKM Departemen Periodonsia FKG UI, Sosialisasikan Kesehatan Gigi dan Mulut

52
Kegiatan PKM yang dilakukan FKG UI secara daring beberapa hari lalu

Laporan: Rahmat Tarmuji
Keluarga besar Departemen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG-UI) kembali mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa penyuluhan daring dengan materi perawatan periodontal di masa pandemi.

Program ini melibatkan berbagai pihak diantaranya mahasiswa Universitas Indonesia, Ikatan Periodonsia Indonesia (IPERI) serta Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Depok. Turut hadir pada acara pengabdian masyarakat secara online ini drg. Setiawan Witjaksana, Sp.Ort (Ketua PDGI Cabang Kota Depok), Dr. drg. Natalina, Sp.Perio(K) sebagai Wakil Ketua IPERI Komda Jaya, serta dihadiri lebih 300 mahasiswa Universitas Indonesia angkatan 2018 dari berbagai fakultas yang terlibat dalam acara ini.

Departemen Periodonsia FKG UI mengangkat tema ”Edukasi Perawatan Periodontal Selama Masa Pandemi COVID-19”. Bertindak sebagai yaitu beliau menyatakan

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengamalan Tridarma Perguruan Tinggi. Baksos PeriShare diselenggarakan dalam rangka memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai jaringan pendukung gigi dan diharapkan menjadi forum diskusi seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk menggali lebih dalam pengetahuan mengenai perawatan jaringan periodontal,” ujar Drg. Benso Sulijaya, Sp.Perio(K), Ph.D, Ketua Acara Program Pengabdian Masyarakat.

Ia menambahkan, pandemi COVID-19 juga berdampak pada sudut pandang pasien terhadap perawatan periodontal, adanya penurunan kepedulian masyararakat terhadap kesehatan gigi dan mulut dan rutinitas untuk melakukan perawatan gigi.

Tak hanya itu, kata dia, persepsi bahwa kunjungan ke dokter gigi akan meningkatkan risiko transmisi virus corona, baik melalui dokter gigi, instrumen yang akan digunakan, serta risiko penularan dengan pasien lain dan memilih untuk menunda segala perawatan gigi yang dibutuhkan sampai pandemi COVID-19 berakhir.

“Melalui kegiatan PkM ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada mahasiswa Universitas Indonesia Angkatan 2018 terkait pentingnya perawatan periodontal pada masa pandemi COVID-19,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Periodonsia FKG UI, drg. Robert Lessang, Sp.Perio(K) menekankan, bahwa pengabdian masyarakat merupakan acara rutin yang diadakan Departemen Periodonsia FKG UI bekerjasama dengan organisasi IPERI dan PDGI.

“Penyuluhan secara daring diharapkan tidak mengurangi esensi dari kegiatan bakti sosial ini,” tandas Robert.

Wakil Ketua IPERI, Dr. drg Natalina Sp. Perio(K) memahami bahwa minimnya informasi yang tersedia mengenai persepsi mahasiswa Universitas Indonesia terhadap perawatan periodontal pada masa pandemi COVID-19, melalui kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi yang menyeluruh kepada masyarakat secara luas dan khususnya mahasiswa Universitas Indonesia Angkatan 2018 terkait pentingnya perawatan periodontal pada masa pandemi COVID-19.

Hal itu disambut baik oleh Ketua PGDI Cabang Depok, drg Setiawan Wijaksana, Sp. Orto. Ia mengharapkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas dan meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut.

Sementara itu Drg. Benso memaparkan, bahwa tim Periodonsia FKG UI, terdiri dari 40 penyuluh yang terdiri dari staf dosen dan mahasiswa program dokter gigi spesialis periodonsia.

Tim penyusun materi telah menyiapkan informasi yang sangat menarik mengenai kesehatan jaringan periodontal selama pandemi COVID 19. Rekaman video selama acara pengabdian kepada masyarakat ini dapat disaksikan pada kanal Youtube https://www.youtube.com/channel/UC7urgscTKlm19FEcuZ7nVDw untuk menjadi media yang informatif bagi masyarakat secara umum sehingga program ini dapat berkembang, berkelanjutan, dan bermanfaat.

Kegiatan pengabdian masyarakat secara daring seperti ini dapat menjadi solusi serta sarana infomasi dan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut yang dapat dijangkau masyarakat Indonesia secara luas di masa pandemi. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here