21 Calon Kepala Dinas Dites Kejiwaan, Selama 3 Jam Wajib Jawab 565 Pertanyaan

101
Peserta lelang jabatan calon kepala dinas foto bersama dengan Sekretaris Daerah Pemkot Depok

Sawangan | jurnaldepok.id
Sebayak 21 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Depok yang mengikuti lelang jabatan untuk lima posisi calon kepala dinas (Kadis), hari ini menjalani tes kejiwaan atau yang sering disebut Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

“Sebelum menjalani MMPI, mula-mula mereka diskrining terlebih dahulu, ada riwayat berpergian atau tidak, ada demam atau tidak. Ya, skrining covid,” ujar Devi Maryori, Direktur RSUD Kota Depok, Kamis (21/10).

Selain itu, sambungnya, mereka mulai dilakukan pemeriksaan (asesmen) awal seperti periksa tensi, saturasi, detak jantung dan tanda tanda vital lainnya.

“Kemudian diambil darah. Setelah itu dilakukan EKG dan rontgen. Baru dimulai tes MMPI dengan menjawab 565 pertanyaan. Waktu yang diberikan untuk menjawab soal tersebut selama tiga jam, namun ada yang 1,5-2 jam sudah kelar,” paparnya.

Setelah MMPI, sambungnya, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampling gula darah, pengecekan jantung, treadmill dan pemeriksaan echo.

“Termasuk tes narkoba melalui urine dan swab antigen. Hasil swab belum ada yang keluar, itu langsung ke pansel,” jelasnya.

Dikatakannya, tes kesehatan dilangsungkan selama dua hari dan dibagi menjadi dua kelompok. Diamana kelompok pertama telah dilangsungkan, Kamis (21/10) dan kelompok kedua pada, Jumat (22/10).

“Hasil tes kesehatan ini akan diserahkan ke pansel dan tidak untuk dipublikasikan, karena itu sudah ranahnya pansel,” katanya.

Camat Cinere, Mangguluang Mansyur yang ikut dalam tes tersebut merasa bersyukur semuanya berjalan lancar tanpa kendala.

“Alhamdulillah semua lancar. Tes kesehatan dimulai dari pukul 08.00-14.30 WIB, itu termasuk tes MMPI,” ungkapnya.

Dalam mengerjakan soal MMPI, pria yang akrab disapa Agung itu mengatakan, bahwa soal yang disajikan tidak sulit namun butuh ketelitian.

“Ya, perlu ketelitian karena kan jawabannya hanya YA atau TIDAK. Saya mengerjakan soal MMPI mulai dari pukul 09.40-11.05 WIB,” katanya.

Ia juga merasa bersyukur seluruh rangkaian tes kesehatan terhadap dirinya tidak ada kendala.

“Alhamdulillah kondisi tubuh sehat semua,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here