Maling Rumah Kosong Beraksi di Pancoran Mas, Uang Puluhan Juta Raib

29
Polisi saat melakukan olah TKP

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Kawanan spesialis pencuri rumah kosong (Rumsong) berhasil menyatroni rumah warga di daerah Gang Haji Jumin, RT 007/004, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Ketua RT 007/004, Yanuwar kepada wartawan mengatakan, rumah yang baru dibobol maling diketahui pemilik rumah yang ditempati keluarga Eldi dan istrinya Nita tersebut sekitar pukul 19.30 WIB.

Saat kejadian, pemilik sedang tidak ada di rumah atau sedang keluar. Pada saat itu Yanuwar melihat pintu belakang rumah terbuka.

“Sehingga dapat dipastikan pelaku beraksi sebelum azan Isya yaitu pukul 19.00 WIB, pada saat kejadian rumah sedang ditinggal alias kosong. Para pelaku telah berhasil mengacak-acak seisi rumah dan berhasil merampas sejumlah perhiasan dan uang tunai,” ujarnya, kemarin.

Ia mengatakan, barang berharga milik korban berupa perhiasan dan uang tunai yang diduga mencapai Rp 65 juta raib dan membuat pemilik rumah syok.

“Setelah mendapatkan informasi dari warga, kami langsung mengecek kondisi Ibu Nita, ternyata sudah berantakan. Peristiwa kemalingan ini sudah kami laporkan langsung ke Polsek Pancoran Mas dan datang juga Tim Inafis Polres Metro Depok melakukan olah TKP,”katanya.

Dikatakan Yanuwar, dalam setahun pencurian rumah kosong yang terjadi di lingkungannya juga pernah terjadi.

“Aksi pencurian ini bukan pertama kali terjadi, namun dari catatan dalam waktu setahun ini sudah ada dua kali kejadian pencurian rumah kosong. Peristiwa pertama hanya beda dua rumah dari rumah korban yang baru kejadian pencurian semalam,” paparnya.

Untuk pengamanan sistem lingkungan yang diadakan secara keliling oleh warga, sudah dijalankan mulai dari pukul 00.00 WIB sampai 05.00 WIB subuh.

Aksi pencurian tersebut terekam CCTV, dimana dalam rekaman CCTV terlihat salah seorang pria diduga pelaku terlihat mencurigakan berdiri di depan rumah korban.

“Sosok pria itu yang diduga pelaku menggunakan kaos berwarna biru, badan kurus dan tinggi. Sudah berusia juga (cukup tua,red),” tuturnya.

Seluruh hasil rekaman kamera CCTV, kata dia, telah diserahkan ke pihak kepolisian sebagai bahan penyelidikan.

Terpisah Kanit Reskrim Polsek Pancoran Mas, Ipda Abu mengungkapkan, dalam rekaman CCTV rumah yang dibobol pencuri, terekam seorang pria yang diduga kuat sebagai pelaku.

Dalam tangkapan kamera CCTV yang terpasang di rumah korban, ada seorang laki-laki berbadan kurus menggunakan kaos biru dan topi, berdiri di depan rumah seperti mengawasi rumah korban diduga kuat sebagai pelaku.

Pelaku diketahui berjumlah dari seorang ini masuk dengan cara merusak pintu belakang rumah dengan dicongkel.

“Tim DVI Inafis Polres Metro Depok telah melakukan olah TKP dan anggota Reskrim kita sudah mengumpulkan bukti-bukti yang ada di TKP,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here