Anggota DPR RI, Hj Intan Fauzi Ingatkan Bank BUMN Bantu Permudah Pelaku UMKM

44
Anggota DPR RI, Hj Intan Fauzi saat menggelar FGD di kawasan Margonda

Margonda | jurnaldepok.id
Anggota Komisi XI DPR RI, Intan Fauzi terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berinovasi maupun berkreasi. Hal tersebut agar para pelaku UMKM bisa kembali menjalankan usahanya di tengah pandemi Covid-19.

“UMKM harus terus berinovasi dan berkreasi. Kami hadir memberikan dukungan dan stimulus. Memperkenalkan produk lewat pemasaran dan lain-lain,” ujarnya saat menghadiri kegiatan Forum Group Disccusion Fasilitas Permasalahan Perizinan Berusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Hotel Margo Kecamatan Beji, Senin (11/10).

Menurut dia, dimasa pandemi Covid-19 para pelaku UMKM tetap berkreasi dan bangkit, sebab ada pelaku UMKM di masa pandemi makin berjaya.

“Dalam upaya mengembangkan pelaku UMKM perlu adanya kolaborasi satu sama lain dan tidak hanya dilaksanakan satu insistusi. Kami di lapangan masih menemukan pelaku UMKM yang kesulitan permodalan dan jika ada bunga pinjaman di Bank dinilai terlalu tinggi,”katanya.

Akibatnya, kata dia, para pelaku UMKM meminjam modal kepada pinjaman online. Dengan kondisi tersebut, ia mendorong kepada Bank-bank Pemerintah untuk membantu para pelaku UMKM memberikan modal dengan bunga yang rendah.

“Di antaranya memberikan sejumlah kemudahan kepada para pelaku usaha. Semakin terbukanya akses perbankan dengan bunga yang lebih rendah dan proses yang mudah bagi pelaku UMKM, bisa menjadi salah satu solusi keberlangsungan hidup UMKM di tengah tekanan akibat pandemic,” jelasnya.

Tanpa adanya dukungan dari perbankan, lanjutnya, tentu akan sangat sulit bagi pelaku UMKM perikanan untuk mengakses modal dan mengembangkan usaha mereka.

Oleh karenanya, dia meminta para pelaku UMKM tidak perlu khawatir tentang usahanya. Hal yang perlu dilakukan yaitu memiliki inovasi yang baik.

Intan menambahkan, Forum Group Disscusion ini dalam upaya pihaknya membantu para pelaku UMKM di Kota Depok memberikan pelatihan, masalah perizinan untuk pelaku UMKM.

“Akses permodalan, akses marketing dan akses untuk pelaku UMKM bisa terlaksana. Akses permodalan untuk usaha dan sebagainya hal hal ekonomi. Jika para pelaku UMKM terus tumbuh, maka roda ekonomi berkembang,” terangnya.

Dikatakannya, pemerintah pun akan terus memberikan stimulus kepada para pelaku UMKM, karena UMKM merupakan salah satu penyumbang atau memiliki kontribusi yang cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here