Bunda Elly Minta Ketua PKK Kecamatan/Kelurahan Bangun Semangat & Inovasi

87
Bunda Elly saat foto bersama dengan ketua dan pengurus PKK kecamatan/kelurahan Sawangan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Dinamika kinerja kader PKK setiap waktu bisa saja naik turun. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua PKK Kota Depok, Hj Elly Farida.

Ia menilai, PKK bisa bersemangat dan eksis serta inovatif tergantung dengan pucuk pimpinan di wilayah kelurahan dan kecamatan masing-masing.

“Termasuk daya dukung para kader. Kalau di satu kecamatan atau kelurahan ketua PKK nya tidak memiliki visi misi dan tidak memiliki semangat untuk perubahan, tentu kami tidak bisa berharap banyak, kecuali kepada mereka para kader yang sudah eksis, walaupun ada atau tiadanya ibu ketua,” ujar Elly usai menghadiri acara pelantikan PKK kecamatan/kelurahan di wilayah Sawangan, kemarin.

Namun begitu, sambungnya, PKK akan lebih optimal jika ketua PKK di kecamatan/kelurahan ikut bersama-sama dengan kader menyelami permasalahan dan mencari solusi yang lebih baik.

“Ini semua berawal dari soliditas, ketika semuanya solid apa yang menjadi target akan tercapai. Karena di PKK kan ada empat pokja yakni ketahanan keluarga, pendidikan, tata laksana rumah tangga dan perencanaan kesehatan,” paparnya.

Ia mengatakan, prestasi yang telah dicapai baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional tak lepas dari peran PKK tingkat kota yang terus melakukan pembinaan hingga ke tingkat kelurahan.

“Setiap kelurahan memiliki ciri khas dan potensi tersendiri, mungkin dari sana ada yang belum tergali dan menjadi potensi terbaru yang bisa membanggakan,” terangnya.

Sementara itu Ketua PKK Kecamatan Sawangan, Nyai Nurasiyah mengatakan, pihaknya mengaku telah siap berkolaborasi antara PKK kecamatan dengan PKK kelurahan.

“Semangat dulu yang pertama. Di internal Alhamdulillah, kami menerapkan kerja dengan hati. Artinya semua pengurus melengkapi dirinya dengan gaya kerjanya masing-masing. Jadi pokjanya sesuai keinginan semua,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Camat Sawangan, Anwar Nasihin. Ia mengatakan, pihak kecamatan siap berkolaborasi dengan PKK kelurahan untuk menggali potensi dan inovasi yang ada di wilayah Sawangan.

“Untuk para kader yang paling penting bangun kebersamaan dan soliditas. Kami rasa di masing-masing kelurahan memiliki potensi. Ayo gali potensi itu bersama-sama, mudah-mudahan bisa menjadi andalan kelurahan tersebut,” ungkapnya.

Acara yang digelar di aula Kantor Kecamatan Sawangan itu juga dihadiri oleh para lurah, kepala UPT Puskesmas dan para kader PKK kelurahan. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here