Kembangkan Urban Farming, PKS Kota Depok Gelar Sekolah Tani

49
Ketua DPD PKS didampingi bidang tani saat meninjau lahan pertanian yang dikembangkan oleh kader PKS

Laporan: Rahmat Tarmuji
Dalam rangka memeriahkan Hari Tani Nasional yang jatuh pada, 24 September kemarin, Bidang Tani dan Nelayan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok menggelar Sekolah Tani VI yang dipusatkan di Kebun Percontohan Integrated Urban Farming Bidang Tani dan Nelayan PKS Depok, Jalan H Cepit RT 02/02 Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong.

Acara dibuka langsung oleh Ketua Bidang Tani dan Nelayan PKS Depok, Dede Sahlan dan dihadiri oleh Camat Cilodong, Lurah Jatimulya dan Ketua LPM Kelurahan Jatimulya.

Turut hadir Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono yang membuka langsung Sekolah Tani PKS Depok VI sekaligus meninjau tanaman-tanaman budidaya di Kebun PKS Jatimulya, Cilodong.

“Sekolah Tani merupakan komitmen sekaligus kiprah nyata PKS Depok sebagai salah satu upaya problem solving dibidang pertanian perkotaan. Program Bidang Tani dan Nelayan menggunakan konsep hybrid, dengan 20 orang perwakilan tiap kecamatan dan undangan khsusu hadir luring di lokasi Kebun PKS, sedangkan puluhan peserta lain difasilitasi secara daring melalui aplikasi Zoom,” ujar Dede kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dede mengapresiasi antusiasme masyarakat dan sekaligus menginisiasi Pelantikan Duta Tani PKS tiap kecamatan.

Dikatakannya, program DPD PKS Depok kali ini merupakan rangkaian besar Hari Tani Nasional dari program pusat DPP PKS secara nasional serta di berbagai wilayah memeriahkan Hari Tani Nasional dengan berbagai ragam aktivitas mulai dari rembug nasional petani, sarasehan dan lain-lain.

“Khusus Kota Depok, karakteristik uniknya yaitu Launching Kebun Tani PKS Depok sekaligus Pelantikan Duta Tani PKS dan Sekolah Tani VI yang menjadi satu paket jurus pamungkas,” jelasnya.

Lebih lanjut Dede mengatakan, potensi pertanian Kota Depok masih sangat menantang, dari aspek produktivitas hasil panen pertanian, teknologi pangan yang efisien dan jalur pemasaran hasil produksi panen,. Ia berharap petani Depok harus optimal dan profitable.

Sementara itu Wakil Wali Kota Depok sekaligus Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono memberikan arahan bagi para hadirin luring sekaligus melantik para Duta Tani PKS perwakilan dari 11 kecamatan.

“Kami mengapresiasi program-program pertanian kota dari DPD PKS Depok dan berharap program-program terbaik dan prioritas untuk mensejahterakan para petani perkotaan,” tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu Launching Kebun PKS dan penyampaian materi spesial Hari Tani Nasional yaitu TFT (Training For Trainers) teknik pembuatan kompos super dipandu oleh Coach, Achmad Yani sebagai praktisi pertanian kota.

Bidang Tani dan Nelayan PKS Depok sebelumnya sudah sukses menggelar Sekolah Tani I (Pertama) hingga V (Kelima) dengan tema-tema yang atraktif mulai dari budidaya tanaman sayur, buah-buahan, ikan kolam tenang sampai dengan budidaya maggot.

Salah satu pilar komitmen Bidang Tani dan Nelayan DPD PKS Depok adalah meneruskan gagasan inovatif, kreatif dan menjadi konsep pengembangan berkelanjutan (sustainable development) bagi pertanian kota.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here