Wali Kota Ungkap TMMD Sebagai Implementasi Nilai Pancasila

15
Wali Kota didampingi Dandim saat menyerahkan alat kerja kegiatan TMMD

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara resmi membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112.

Dalam sambutannya Idris mengatakan, TMMD juga dimaknai sebagai implementasi dari sila kedua dan kelima Pancasila.

“Pertama yakni sila kedua kemanusiaan, tidak membeda-bedakan memberikan bantuan dan dalam melakukan pembangunan di masyarakat serta wilayah, hal itu didasari oleh survei dan penelitian bahwa wilayah itu butuh diberdayakan, bantuan sesama ini juga merupakan bagian dari Pancasila,” ujar Idris, Rabu (15/9).

Selanjutnya, kata Idris, TMMD juga mengimplementasikan sila kelima yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Ini artikulasi teman-teman TNI yang saat ini melaksanakan TMMD, dari itu perlu dipahami juga oleh masyarakat termasuk aparatur di wilayah Kelurahan Bedahan dan Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, yang menjadi lokasi TMMD,” paparnya.

Lebih lanjut Idris mengungkapkan, digelarnya TMMD di dua wilayah tersebut patut disyukuri karena dilaksanakan pada masa pandemii dan masa sulit seperti saat ini.

“Bahwa masih ada prajurit-prajurit yang mau berkorban dengan tenaga dan semangat juangnya untuk merealisasikan pembangunan di wilayah. Atas nama pribadi dan pemerintah kami ucapkan terimakasih kepada TNI serta mereka yang telah berpartisipasi memberikan kontribusi dalam TMMD,” katanya.

Dikatakan Idris, terlaksananya kegiatan TMMD tak lepas atas bantuan semua pihak termasuk Polri, OPD serta tokoh masyarakat yang berada di lokasi TMMD.

Sementara itu Kapendam Jaya, Kolonel Arh Herwin Budi Saputra mengungkapkan, kegiatan TMMD menerjunkan sedikitnya 150 personel TNI.

“Kegiatan meliputi pembangunan fisik seperti betonisasi jalan, drainase dan pembangunan Rutilahu. Serta kegiatan non fisik yang meliputi penyuluhan-penyuluhan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here