Anggota DPR Sorot Angka Penurunan Covid-19, Jangan Lengah & Tetap Waspada

23
Mahfudz Abdurrahman

Margonda | jurnaldepok.id
Penurunan angka positif Covid-19 harus dimaknai sebagai hasil dari kedisiplinan menjaga protokol kesehatan oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

“Kondisi saat ini harus mampu dijaga kesinambungannya. Perekonomian juga sudah mulai menggeliat, kami berharap secara perlahan situasi akan membaik dengan normal baru,” ujar Mahfudz Abdurrahman, Anggota Komisi VI DPR RI di Jakarta, kemarin.

Ia menambahkan, kondisi saat ini patut disyukuri karena situasi sudah semakin membaik.

“Penurunan kasus positif Covid-19 yang dibarengi dengan mulai bergeraknya sektor perekonomian. Penghargaan kepada seluruh masyarakat, yang mampu menjalankan prokes dalam setiap aktifitasnya. Kita tidak boleh lalai dan lengah, kedisiplinan menjadi hal yang wajib,” paparnya.

Mahfudz yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum DPP PKS menambahkan, keadaan sulit pasca libur lebaran kemarin, jangan lagi ditemui.

“Semua merasakan kesulitan yang sangat besar. Semua sektor nyaris kolaps, pengangguran meningkat tajam. Sektor UMKM pun terdampak berat, pembatasan waktu berdagang membuat mereka kesulitan berjualan. Tak jarang terjadi konflik antara pedagang dengan petugas. Ini tentu membuat kita prihatin, karena hal yang sebenarnya tidak perlu terjadi kalau saja pemerintah lebih intens dan humanis dalam menyosialisasikan kebijakan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bagaimanapun bantuan untuk masyarakat dari pemerintah dirasakan masih minim dalam upaya mengurangi dampak pandemi ini. Namun, pihaknya sadar kemampuan anggaran negara memang sedang sangat terbatas.

“Jika perekonomian semakin membaik, pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk bantuan kepada masyarakat. Saat ini kita bersama harus mampu menjaga momentum yang sudah baik ini. Penurunan positif Covid-19, tingkat rawat inap karena Covid-19 semakin menurun tajam,” jelasnya.

Gencarnya vaksinasi dan pelonggaran untuk berusaha di beragam sektor tentu cukup menggembirakan.

Namun begitu ia berharap disiplin prokes harus dilaksanakan dan perlu ketegasan terhadap pelanggaran.

“Itu perlu dilakukan semata-mata untuk kebaikan bersama. Pemerintah dengan segenap perangkatnya harus mampu menjaga situasi yang kondusif ini, komunikasi dan koordinasi antar instansi, baik di pusat dan di daerah harus terus ditingkatkan. Keadaan yang sudah baik ini harus dijaga, supaya perekonomian kita semakin meningkat kearah yang positif, dan berujung pada penciptaan lapangan kerja baru. Tingkat pengangguran harus bisa turunkan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here