Tidak Ada Koordinasi Lingkungan, Penataan Blok Rawa Sapi Diduga Ilegal

54
Terlihat dari kejauhan sebuah alat berat saat melakukan perataan tanah

Limo | jurnaldepok.id
Meski sudah lebih dari dua pekan melaksanakan aktivitas penataan lahan dengan menggunakan alat berat beco, namun hingga saat ini Developer perumahan Habitat yang melakukan kegiatan pematangan lahan di Blok Rawa Sapi RT 03/04, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo ternyata belum pernah berkoordinasi dengan pengurus lingkungan setempat terkait pembuatan izin lingkungan yang notabene merupakan salah satu syarat untuk proses pembuatan perijinan perumahan.

Saat dikonfirmasi Jurnal Depok, Ketua RW 04, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Radi mengaku belum pernah didatangi oleh pihak pengembang perumahan terkait aktivitas penataan lahan seluas sekitar 5.000 M2 dikawasan tersebut dan dirinya menegaskan belum pernah mengeluarkan rekomendasi apapun terkait rencana pembangunan perumahan dikawasan itu.

“Waktu itu memang pernah saya mendengar kabar bahwa pengembang perumahan akan koordinasi dengan kami untuk keperluan pembuatan rekomendasi perijinan, tapi sampai sekarang belum ada utusan dari pihak pengembang yang datang, padahal kegiatan penataan lahan sudah dilaksanakan lebih dari dua pekan,” ujar Radi kepada Jurnal Depok, kemarin.

Wajar, kata dia, jika pihaknyaberencana melakukan penghentian sementara kegiatan karena dimanapun juga yang namanya ada kegiatan pembangunan paling tidak pihak yang akan melaksanakan kegiatan pembangunan terlebih dahulu berkoordinasi dengan warga dan pengurus lingkungan.

“Jangan selonong boy saja meskipun mereka melakukan kegiatan diatas lahan mereka sendiri tapi semua harus mengedepankan etika dan aturan sebelum membangun, karena jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan atas aktivitas dilokasi itu, tentunya pengurus lingkungan dan warga sekitar juga yang akan dimintai keterangan. Tidak berlebihan rasanya jika nanti kami melakukan tindakan penghentian sementara kegiatan bilamana pihak developer tak juga datang untuk berkoordinasi dan membuat izin lingkungan,” paparnya.

Radi menambahkan, pihaknya sudah melaporkan prihal ini kepada Lurah Grogol Danudi Amin, dan Lurah kata dia sependapat dan meminta kepada pengembang untuk segera mengurus rekomendasi perijinan.

“Kami sudah laporkan masalah ini kepada pak Lurah dan beliau meminta pengembang segera membuat rekomendasi perijinan dari pengurus lingkungan yang melibatkan warga sekitar,” kata Radi.

Mengacu dari hal ini, Radi memastikan dalam waktu dekat pengurus lingkungan akan segera melakukan penghentian sementara jika pihak pengembang perumahan tidak juga berkoordinasi dengan pengurus lingkungan dalam kaitan pembuatan rekomendasi perijinanan.

“Kami bersama Ketua RT, dan pihak terkait lainnya berencana akan melakukan penghentian sementara kegiatan sampai pihak pengembang mengurus perijinan yang dimulai dari izin lingkungan yang ditanda tangani oleh warga sekitar dan Ketua RT setempat,” tutur Radi.

Radi menambahkan dirinya telah berkoordinasi dengan pengurus lingkungan ditingkat RT guna memantau perkembangan kegiatan dilokasi.

“Saya sudah meminta kepada Ketua RT 03 untuk terus memantau kegiatan disana, dan terkait rekomendasi izin lingkungan, Ketua RT 03 setempat sudah memastikan bahwa memang belum ada pihak pengembang yang datang untuk memproses izin lingkungan,” imbuhnya.

Setali dua uang, Lurah Grogol, Kecamatan Limo, Danudi Amin juga mengaku belum pernah mengeluarkan rekomendasi untuk pembangunan perumahan di Blok Rawa Sapi RT 03/04, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo.

“Belum, saya belum menerima berkas rekomendasi dari pengurus lingkungan setempat sebagai dasar bagi kami untuk mengeluarkan rekomendasi dari Kelurahan, itu artinya jelas bahwa kegiatan penataan lahan disana belum ada izinnya,” tegas Danu.

Pantauan Jurnal Depok dilokasi pada Jum’at sore (10/9) mendapatkan sejumlah pekerja sedang melaksanakan kegiatan perataan tanah dengan menggunakan dua unit alat berat berupa Beco dan pemasangan pipa berukuran besar untuk saluran air (Drainase), serta aktivitas pemadatan tanah. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here