Tercatat 206 Pengungsi Asal Timur Tengah Menetap di Depok

32
ilustrasi (foto CNN Indonesia)

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Sekitar 206 pengungsi dari Warga Negara Asing (WNA) tercatat berada di Kota Depok.
Kabag Humas dan Informasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok, Yuris Setiawan, mengatakan, ratusan WNA ini berasal dari sejumlah negara yang di antaranya Iran, Yaman, Mesir, hingga Afghanistan.

85 orang dari Afghanistan, Iran 18, Yaman 83, Ethiopia empat, Mesir satu, Kongo satu, Irak 13, Pakistan satu, dengan total 206 WNA tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Kota Depok.

“Mereka ini pindah-pindah tapi ketika mereka pindah mereka harus lapor. Yang jelas mereka lapor, kalau mereka ingin pindah ke Jakarta mereka bilang sekarang tidak tinggal di Depok. Biasanya mereka ada yang ngurusin, informasi detailnya ada di Wasdakim, jumlah pencari suaka dan pengungsi ya,” ujarnya, kemarin.

Yuris menuturkan, mayoritas pengungsi dan para pencari suaka ini hidup berkelompok dengan sesamanya.

“Biasanya mereka hidup tidak sendiri, mereka berkelompok, mereka laporan, paling kita melaporkan pengecekan bener enggak,”katanya.

Dia mengatakan Indonesia ini bukan menjadi negara penerima pengungsi dan juga suaka. Kondisinya, karena alasan kemanusiaan, Indonesia menjadi negara transit.

“Sebelum mereka berangkat ke negara lain, siapa yang mengurusi di sini, ada UNHCR ada juga organisasi internasional lainnya,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here