Rencana Pembelajaran Tatap Muka, Pihak Sekolah Tunggu Instruksi

37
Suasana belajar daring yang dilakukan para siswa

Beji | jurnaldepok.id
Menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan dilaksanakan akhir September pihak sekolah tetap menunggu instruksi.

“Ya kalau kami tunggu instruksi saja terkait PTM,” ujar Suratmin, Kepala SDN Beji 5 kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dia menambahkan, jika memang PTM dilaksankan maka pihak sekolah akan mematangkan sarana prasarana (sarpras) penunjang protokol kesehatan (prokes) dan kurikulum. Di sisi lain, orang tua juga mendorong agar PTM bisa berjalan dengan mengutamakan keamanan. Pihak sekolah sudah melakukan kusioner kepada orang tua siswa.

“Kami sudah melakukan survei dengan memberikan kuesioner kepada orang tua apa mereka pilih belajar daring atau PTM,”katanya.

Mengenai protokoler kegiatan PTM, pihaknya juga menunggu arahan dari Dinas Pendidikan dan Satgas Covid-19.

“Disini intinya pihak sekolah menunggu instruksi saja. Guru yang mengajar di SDN Beji 5 semuanya sudah menjalani vaksin,” paparnya.

Di lokasi lain MTs Al Muawanah di Kecamatan Pancoran Mas masih menunggu instruksi dari pimpinan.

“Kami juga menunggu instruksi terkait pelaksanaan PTM,”kata salah satu guru, Amir.

Pihaknya telah memenuhi ceklis kesiapan sekolah untuk mengikuti PTM. Sekolah juga terus mematangkan sarpras penunjang prokes. Seperti westafel di tiap kelas, handsanitizer, penanda dan lainnya, bahkan kantin sehat sekolah.

“Kami sudah menyiapkan diri untuk simulasi PTM. Mulai dari sarana prasarana, alur pembelajaran luring dan alur antar jemput. Kami juga sudah membuat tim satgas Covid-19 sekolah untuk memantau penerapan pembiasaan perilaku baru,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, sekolah terus memantapkan kembali persiapan standar operational prosedur (SOP) protokol kesehatan selama PTM. Sehingga ketika nanti siswa melaksanakan PTM, dapat berjalan lancar.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Muhammad Thamrin menambahkan PTM Kota Depok dipastikan digelar bulan depan. Saat ini Dinas Pendidikan Kota Depok dan satuan pendidikan sedang melakukan sejumlah kesiapan untuk digelar PTM.

“Kami menyepakati untuk PTM baru bisa dilaksan bulan Oktober 2021 mendatang,” jelasnya.

Persiapan yang dimaksud, kata dia, misal melakukan monitoring dan evaluasi terkait kesiapan sarana dan prasarana di sekolah.

“Monitoring evaluasi ini dilakukan oleh tim pengawas sekolah. Kemudian nanti juga akan dilakukan simulasi oleh tiap satuan pendidikan. Bulan September masa persiapan antara lain monev kesiapan sarpras sekolah dan rencana pembagian kelas oleh tim pengawas sekolah Disdik, sosialisasi kepada orang tua tentang rencana PTM terbatas, simulasi oleh masing-masing sekolah,” ungkapnya.

Terkait teknis PTM, sambungnya, nanti akan diatur dalam Peraturan Wali Kota. Saat ini sedang disusun draftnya.

“Kami juga sedang mempesiapkan draft perwal terkait PTM terbatas dan rencana tim akan rapat kembali hari Kamis atau Jumat pekan ini,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here