Didukung Dua Menteri, UMKM Depok Didorong Go Digital

20
Penutupan acara Depok Virtual Expo

Margonda | jurnaldepok.id
Menteri UMKM dan Koperasi, Teten Masduki berharap sudah selayaknya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah untuk Go Digital. Hal itu dikatakannya saat menutup kegiatan acara Depok Virtual Expo 2021.

Dia mengatakan, UMKM Go Digital dan apa yang dilakukan oleh Pemkot Depok sudah tepat dengan memfasilitasi para UMKM untuk Go Digital.

“Terus ajak masyarakat untuk membela produk lokal dan melakukan upaya-upala agar UMKM mampu bertahan dan bangkit,” ujarnya, kemarin.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberikan dukungannya terhadap program-program pembinaan UMKM di Kota Depok mulai dari pelatihan, pendampingan, pemasaran hingga laporan keuangan serta akses permodaan.

“Kami juga mendukung terhadap pengembangan situ di Kota Depok, karena kedepan wisata lokal dan alam akan semakin menjadi pilihan,” tandasnya.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengajak masyarakat untuk bersinergi dan berkolaborasi membawa Kota Depok yang maju berbudaya dan sejahtera.

“Serta mendukung bangkitnya UMKM Depok dengan cara membeli, membela dan memasarkan,” jelasnya.

Depok Expo merupakan gelaran tahunan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro yang pada dua tahun belakangan bertransformasi menjadi Depok Virtual Expo. Kondisi pandemi mempercepat transformasi ke dunia digital.

Ketua Umum Komunitas Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok, Ubadilah mengaku mendukung kegiatan tersebut.

Ubaidillah mengatakan, komunitas ini berisi berbagai pengusaha aktivis dari berbagai organisasi nasional.

“Mereka berkumpul kemudian mencoba membangun acara lokal yang berbasis di Kota Depok. Selain terlibat aktif dalam program pemulihan ekonomi, Jawara Depok juga rutin menggelar pelatihan sekaligus permodalan bagi UMKM,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Depok Virtual Expo 2021 telah dibuka secara resmi oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan dihadiri secara virtual oleh sejumlah tokoh nasional dan lokal, seperti Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Depok Virtual Expo berlangsung sejak 24 Agustus hingga 5 September 2021 telah berlangsung meriah, yang diikuit lebih dari 300 peserta.

Berbagai acara telah sukses digelar mulai dari Bazar Digital yang bekerjasama dengan Shopee, Shopee Food serta Tokopedi. Yang mendorong pada usaha mikro untuk membuka toko di marketplace serta mendampingi mereka agar bisa bersaing di marketplace.

Pada kesempatan itu pula diumumkan pemenang lomba Start up Competition di menangkan oleh start up Ngejahit dan reselleRun.

Untuk lomba video pendek terdiri dari 4 kategori dengan pemenang kategori Nyok beli, @indiramulyawan (angkringan) kategori Nyok endorse @triguntoraji (minuman JM+) kategori Nyok pasarin @pradiah (madu murni kisanak) serta kategori bangkit saat pandemik @lisa (masker kain). n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here