Gelar PKM, Dosen PNJ Bangun Sistem Pembelajaran Hybrid Berbasis Multimedia

50
Dosen dan Mahasiswa PNJ foto bersama usai menggelar PKM

Laporan: Rahmat Tarmuji
Program Studi Broadband Multimedia, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM merupakan salah satu kewajiban dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian.

“Tujuan Umum Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Program Studi (PKMPS) adalah untuk meningkatkan peran Program Studi di PNJ dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat pada daerah mitra untuk meningkatkan pemberdayaan dan kualitas kehidupan masyarakat,” ujar Agus Wagyana, Ketua Pelaksana Kegiatan, kemarin.

Ia menambahkan, Pada kegiatan PKMPS tahun 2021 ini, Program Studi Broadband Multimedia (PSBM) bermitra dengan SMP Islam Nusantara dan MI Sirojul Athfal 5, Pancoran Mas, Kota Depok, dengan judul kegiatan “Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Hybrid Berbasis Multimedia”.

“Kegiatan PKMPS PSBM ini melibatkan para dosen dan mahasiswa program studi dengan 2 (dua) bagian kegiatan, yaitu pemasangan dan penyerahan perangkat sistem pembelajaran hybrid berbasis multimedia untuk kedua sekolah mitra dan pelatihan sistem manajemen pembelajaran (Learning Management System) berbasis Google Classroom (GCR) kepada 10 orang guru dari SMP Islam Nusantara dan 15 orang guru dari MI Sirojul Athfal 5,” paparnya.

Pemasangan dan penyerahan perangkat dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Agustus 2021, sedangkan pelaksanaan pelatihannya dilaksanakan secara online pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 mulai 08.30 s/d 14.00 WIB melalui aplikasi Zoom.

Agus berharap, kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi sekolah mitra dalam peningkatan kualitas pembelajaran di masa pandemi dan menjadi pembuka jalan kerja sama antara program studi dengan sekolah mitra di tahun-tahun berikutnya.

Sementara itu, Lies Sundari, Kepala Sekolah SMP Islam Nusantara menyampaikan ucapan terimakasih kepada para dosen dan mahasiswa Program Studi Broadband Multimedia, Jurusan Teknik Elektro PNJ.

“Terimakasih atas pemasangan peralatan sistem pembelajaran dan pelatihan penggunaan Google Classroom untuk guru-guru sekolah. Kami berharap hal ini bisa membantu para guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar baik online maupun offline,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here