DPRD Minta Siswa & Guru Divaksin Dulu Sebelum Sekolah Tatap Muka Dimulai

93
Salah seorang tenaga kesehatan saat melakukan suntik vaksin

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Rencana sekolah tatap muka yang akan digelar pada September mendatang disambut baik oleh masyarakat Kota Depok. Banyak dari mereka yang menginginkan anaknya kembali belajar di sekolah bersama teman-temannya.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, Supriatni meminta kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Depok untuk memastikan para siswa, guru dan tenaga pendidik harus divaksinasi terlebih dahulu.

“Kami telah menyarankan kepada Dinas Pendidikan untuk melakukan vaksinasi kepada siswa yang akan melangsungkan sekolah tatap muka di Depok. Agar ketika nanti belajar tatap muka tidak lagi khawatir, karena kalau siswa ada yang belum divaksin, dikhawatirkan akan terjadi klaster baru,” ujar Nani kepada Jurnal Depok, Rabu (25/8).

Terkait tenaga pendidik, sambungnya, sebagian besar sudah mendapatkan fasilitas untuk vaksinasi sejak beberapa bulan lalu.

“Semua wajib, bukan hanya siswa maupun guru tapi juga tenaga pendidik seperti security, penjaga sekolah maupun penjaga kantinnya semua wajib melakukan vaksinasi,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, anggaran dana BOS baik yang bersumber dari APBD maupun APBN dianjurkan untuk belanja prokes.

“Salah satunya sekolah harus menyiapkan wastafel, sanitizer termasuk masker juga wajib disediakan oleh sekolah, itu diperbolehkan untuk belanja prokes,” tegasnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk mencari formula terkait dengan vaksinasi siswa yang dibawah usia 12 tahun.

“Karena kami melihat banyak juga sekolah PAUD maupun TK yang sudah melakukan sekolah tatap muka,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Depok, Mohammad Idris kembali mengeluarkan Keputusan Wali Kota Depok Nomor: 443/366/Kpts/Satgas/Huk/2021Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019.

Dalam keputusan tersebut, wali kota mengatur terkait rencana sekolah tatap muka dan resepsi pernikahan.

“Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan (sekolah) dilaksanakan secara daring (persiapan
Pertemuan Tatap Muka Terbatas setelah Mid Semester bulan September 2021),” ungkapnya, Selasa (24/8). n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here