Korban Ledakan di Margo City Membaik, Kemensos Siapkan Trauma Healing

53
Pihak Kemensos saat menjenguk salah satu korban ledakan di Margo City

Margonda | jurnaldepok.id
Kondisi korban insiden ledakan di pusat perbelanjaan Margo City mulai berangsur membaik bahkan sudah ada yang pulang kerumah masing-masing.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno, mengatakan, sudah ada enam korban yang dipulangkan ke rumah karena telah selesai menjalani perawatan medis.

“Enam sudah pulang, tersisa empat yang menjalani perawatan,” ujarnya, kemarin.

Enam korban yang telah dipulangkan ke rumah ini, dua di antaranya menjalani perawatan di Rumah Sakit Universitas Indonesia dan empat lainnya di Rumah Sakit Bunda.

“Enam sudah pulang, tinggal empat di RS Bunda. Yang pulang itu dua di RS UI dan empat di RS Bunda,” jelasnya.

Kepala Unit RSU Bunda Margonda, dr Imelda Rachmawati menambahkan, rata-rata korban mengalami luka bakar di bagian tangan dan muka.

“Karena korban berusaha menutup bagian muka dan kepala dengan tangan dari api,” tandasnya.

Bahkan ia menyampaikan, ada salah satu korban yang mengalami luka cukup serius di bagian mata, sehingga sedang ditangani dokter khusus untuk melihat perkembangannya.

“Intinya masih kita rawat dengan insentif. Korban yang pulang juga tetap dilakukan pemantauan,”katanya.

Adapun beberapa nama pasien yang telah diizinkan pulang, diantaranya Merry, Nurma serta Winda.

“Seluruhnya telah dilakukan CT Scan di bagian kepala dan bagiannya lainnya. Dari kedelapan korban yang di rawat, dua diantaranya diketahui berdomisili di Pasar Minggu dan Ciamis Jawa Barat, sisanya berdomisili di Kota Depok,” jelasnya.

Sementara itu Menteri Sosial, Tri Rismaharini menginstruksikan kepada jajarannya untuk merespon cepat dengan memberikan layanan bagi 11 orang korban ledakan di Mall Margo City, Depok, Sabtu (21/8) dan satu orang korban dinyatakan meninggal dunia.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazaruddin langsung merespon dengan mengunjungi lokasi kejadian untuk memahami langsung insiden tersebut dari lokasi kejadian. Kemensos juga menerjunkan tim dari empat balai milik Kemensos.

“Usai menerima informasi lift yang jatuh di Mall Margo City, Depok, kami dari Kemensos langsung ke lokasi dan segera memberikan bantuan bagi 11 korban,” kata Pepen.

Bersama dengan itu, atas arahan Mensos, diterjunkan tim dari tiga balai, yakni dari Balai Besar Inten Soeweno, Balai Ciungwanara dan Balai Panasea dengan menerjunkan tim perawat, dan bantuan ambulance ke lokasi kejadian.

Tim juga membantu para korban dan keluarga korban dengan memberikan layanan trauma healing.

“Kami dari Balai Kemensos sudah mengasesmen keluarga korban, namun bagi para korban masih belum bisa ditemui. Kami masih standby apabila ada hal-hal yang membutuhkan respon cepat,” ungkap Ropiah, Koordinator Tim Balai Ciungwanara.

Personel dari tiga balai akan dibagi merata untuk memberikan layanan kepada korban. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here