Underpass Margonda-Juanda Dibangun 2023, Langsung Menuju RSUI

238
Pihak Kemenhub saat meninjau lokasi Jalan Juanda-Margonda

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Pusat berencana akan membangun Underpaas Margonda-Juanda Non Tol yang akan menghubungkan kawasan Universitas Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Pemerintah Pusat serta Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) akan membangun Underpass Jalan Juanda.

“Rencana tersebut akan dimulai pembangunannya pada tahun 2023. Pertama yang dibangun untuk jalur ke gerbang utama RS UI, itu berdasarkan arahan Presiden saat meninjau vaksin di RSUI,” ujarnya, kemarin.

Dia mengatakan pembangunan tersebut adalah aspirasi dari RSUI yang disampaikan ke Presiden, Joko Widodo. Kemudian, ditindak lanjuti Kementrian Perhubungan (Kemenhub), sehingga ini menjadi pembangunan dari pusat.

“Kemarin sudah rapat dan pertemuan, kalau tahun ini DED-nya selesai. Melihat trasennya mana,”katanya.

Dadang menambahkan, tahun ini juga pihaknya sedang identifikasi untuk pembebasan lahannya. Sedangkan pengusulan pengadaan lahannya, menjadi tanggung jawab pusat.

Namun, untuk pembebasan lahan yang disebelah timur, itu lebih banyak milik Pemerintah Daerah dan Pertagas, sehingga tidak begitu sulit terkait pembebasannya.

“Nanti untuk konstruksi, itu juga dari Kemenhub. Kalau tahun depan semua sudah selesai, tahun 2023 sudah bisa dikerjakan, karena ada pembebasan lahannya,” jelasnya.

Terkait ukuran Underpass, Dadang mengatakan untuk ukurannya ROW sekitar 14 meter, panjang sekitar 300 hingga 400 meter.

Sementara itu Ketua LPM Pondokcina, Kecamatan Beji, Munir HM menambahkan jika memang akan dibangun maka warga di RW 09 akan terkena pembebasan.

“Ya mudah-mudahan pembangunan tersebut segera diwujudkan,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here