Wali Kota Ungkap Vaksinasi Sulit Capai 100% di Bulan Agustus Ini

59
Mohammad Idris

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku saat ini vaksinasi telah menjangkau 40 persen dari total sasaran 1,6 juta penduduk.

“Saat ini, program percepatan vaksinasi terus dilakukan di berbagai wilayah demi mencapai kekebalan komunal atau herd immunity,” ujarnya, kemarin.

Menurut Idris, pekerjaan rumah pemkot saat ini adalah perbedaan data antara pusat dan daerah terkait cakupan vaksinasi. Pemkot terus berupaya memperbaiki data yang ada dengan berkoordinasi bersama PemprovJabar, Kemenkes, maupun pemerintah kabupaten atau kota lain.

“Sedang diproses, paling cepat seminggu. Belum lagi Pikobar Jawa Barat. Ini jadi perhatian khusus terkait masalah pendataan,” kata Idris setelah memantau vaksinasi di kantor Kecamatan Cilodong.

Untuk meningkatkan jangkauan vaksinasi, Idris memastikan pemkot akan kedatangan tambahan dosis vaksin pekan ini.

Menurut dia, warga tidak harus menanti vaksin dari Dinkes. Bila ada instansi lain menggelar vaksinasi, warga bisa memaksimalkannya. Sebab, ada sejumlah pihak yang dipercaya Kemenkes untuk ikut serta menggelar vaksinasi selain pemda.

“Harapan kami, memang minggu ini (vaksin) datang lagi. Kegiatan vaksinasi lain juga jangan diabaikan,” paparnya.

Dia mengakui, tidak akan mudah mencapai target 100 persen cakupan vaksinasi pada akhir bulan ini.

“Target 100 persen dari pemerintah sebenarnya Agustus. Tapi, sudah enggak mungkin. Taruh lah 40 persen. Kami mau 100 persen, bukan hanya Depok, (tapi) Jabo-detabek,” tuturnya.

Idris memilih realistis sembari terus mengupayakan percepatan vaksinasi. Sementara itu, vaksinasi memang tidak hanya dilaksanakan pemkot.

Camat Cilodong, Supomo menambahkan, gebyar vaksinasi diikuti oleh peserta berusia 12 tahun ke atas yang berasal dari berbagai kelompok. Termasuk forum anak dan warga disabilitas.

“Kami juga terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi di sekolah, Puskesmas dan stakeholder lainnya,” tandasnya.

Jajaran lainnya yakni Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok, juga ambil bagian dalam upaya mempercepat vaksinasi.

“Hingga saat ini, 80 ribu warga telah menerima vaksin melalui dua instansi tersebut. Vaksinasi polres maupun kodim menjangkau warga yang belum terakomodasi program vaksinasi pemkot. Polres sudah menyasar lebih dari 40 ribu warga. Sementara itu dari Kodim 0508/Depok, lebih dari 39 ribu warga,’’ urai Kapolres Metro Depok Kombespol Imran Edwin Siregar. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here