Pengguna Jalan Ikut Khidmat, Matikan Kendaraan Saat Detik-detik Proklamasi

28
Detik-detik Proklamasi di Jalan Margonda

Margonda | jurnaldepok.id
Ratusan pengendara bermotor yang melintas di simpang Jalan Raya Margonda-Juanda, Kecamatan Beji berhenti sejenak saat memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia sekitar pukul 10:00 WIB.

Salah satu pengendara, Harianto kepada wartawan mengatakan, saat itu dirinya hendak menuju ke Pasar Minggu. Namun saat melintas di lampu merah Margonda-Juanda dirinya berhenti. Namun setelah lampu hijau dia dan kendaraan lainnya tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan oleh petugas walaupun lampu sudah berwarna hijau.

“Saya kaget, kan lampunya warnanya hijau tapi kok disuruh berhenti,” ujarnya, kemarin.

Namun setelah mendapatkan pemberitahuan bahwa seluruh aktivitas kendaraan dihentikan untuk memperingati detik-detik proklamasi, dirinya langsung mematikan mesin kendaraannya.

Sutoyo bersama pengendara lain juga mengikuti peringatan detik-detik proklamasi dengan turun dari kendaraan guna memberikan penghormatan saat lagu kebangsaan Indonesia Raya diputar.

“Ya enggak masalah berhenti sampai 10 menit, ini kan wujud nasionalisme saya, dan saya mengapresiasi ini,”katanya.

Sementara itu, Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Metro Depok, AKP Elly Padiansari mengatakan, penghentian seluruh aktivitas masyarakat saat detik-detik proklamasi ini selaras dengan imbauan pemerintah pusat.

“Penghentian kendaraan diberlakukan di seluruh simpang jalan di Kota Depok, mulai dari Simpang Siliwangi, Margonda, Ramanda dan lokasi lainnya. Kami menghentikan kendaraan selama tiga menit saat detik proklamasi diperdengarkan kepada pengendara jalan. Penghentian kendaraan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di masyarakat,” ungkapnya.

Teks proklamasi yang dibacakan proklamator Republik Indonesia, yakni Sukarno diharapkan dapat membakar semangat warga maupun pengendara dalam mengimplementasikan kemerdekaan di kehidupan bermasyarakat.

Semangat kemerdekaan dapat diimplementasikan warga maupun pengendara untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk negara ini. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here