Kondisi Bayi Yang Dibuang di Semak-semak Golf Sawangan Mulai Membaik

109
Aparat Polsek Sawangan saat menyerahkan bayi ke RSUD Depok

Bojongsari | jurnaldepok.id
Bayi berjenis kelamin laki-laki yang baru lahir dalam kondisi hidup ditemukan dalam semak-semak sekitar lingkungan kolam renang Tirta Maya, Jalan Raya Bojongsari, Kecamatan Bojongsari.

Saat ditemukan bayi tersebut masih dalam keadaan basah dengan tali pusar masih menempel di badan dan masih dalam keadaan hidup.

Kapolsek Sawangan, AKP M. Meltha Mubarak mengatakan, peristiwa penemuan bayi laki-laki dari seorang saksi warga mendengar tangisan bayi di dalam kardus ditempatkan diantara semak-semak.

“Dari keterangan anggota ada seorang warga yang sedang melintas mendengar suara aneh seperti tangisan bayi. Setelah ditelusuri suara tersebut oleh saksi ternyata di dalam sebuah kerdus ada bayi laki-laki yang sudah digerayangin semut merah,” ujarnya, kemarin.

Dia mengungkapkan melihat kondisi bayi sudah sangat memperihatinkan tidak ada pakaian sehelai pun pada badan bayi, saksi segera membawa bayi ke RSUD Depok.

“Alhamdullilah kondisi bayi tertolong setelah ditangani unit IGD RSUD Depok. Adapun kondisi bayi itu, memiliki berat 2,6 kilogram, panjang badan 48 cm, lingkar kepala 33 cm, dan lingkar perut 34 cm. Kasusnya dalam penyelidikan Polsek Sawangan,” paparnya.

Terpisah, Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori mengatakan, informasi yang diterima dari petugas jaga IGD pada sekitar pukul 14.00 WIB.

Petugas jaga IGD rumah sakit menerima kedatangan petugas (Bidan) puskesmas yang didampingi petugas kepolisian dari Polsek Sawangan membawa seorang bayi laki-laki yang dibuang orang tuanya.

“Kami mendapat penyerahan bayi laki-laki yang diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya di sekitar TKP Kolam Renang Tirta Maya. Pada saat diserahkan kondisi muka si bayi ada diduga bekas gigitan semut atau serangga,” jelasnya kepada wartawan melalui pesan singkat.

Devi menambahkan, kondisi bayi pertama kali ditemukan banyak ruam-ruam merah di sekitar kepala dan badan banyak tanda bekas digigit semut atau serangga.

“Sebelum dibawa ke RSUD terlebih dahulu petugas Polsek Sawangan membawa ke puskesmas, baru dirujuk ke RSUD Depok untuk mendapatkan perawatan intensif,” tambahnya.

Setelah mendapatkan perawatan intensif, lanjut Devi, kondisi kesehatan bayi sudah berangsur membaik.

“Saturasi bayi saat ini bagus sudah 100 persen, tanda-tanda vital juga stabil dan sekarang sementara dirawat di ruang Perina RSUD,” ungkapnya.

Sampai saat ini bayi laki-laki tidak bersalah tersebut masih dalam perawatan tim dokter RSUD Depok.

“Kondisi bayi sangat sehat dan sudah mulai menangis kuat serta gerakan aktif terlihat. Untuk berat badan sekitar 2,6 gram dengan panjang badan 48 cm, lingkar kepala 33 cm, dan lingkar perut 34 cm,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here