1.384 Warga Binaan Rumah Tahanan Cilodong Jalani Vaksin

20
Terlihat ribuan warga binaan saat mengantre untuk divaksin

Cilodong | jurnaldepok.id
Perluasan cakupan vaksinasi terus digencarkan oleh Pemerintah melalui Tim Satgas Covid-19 di seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali vaksinasi ini juga menyasar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas I Depok.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Taufiqurahman mengatakan vaksinasi ini merupakan tahap pertama yang diberikan Kepada WBP Rutan Kelas I Depok dengan bersinergi bersama Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Kelapa Dua Depok.

“Vaksinasi yang kami berikan ini berjenis Astrazeneca. Vaksinasi ini diikuti 1.433 WBP serta dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya, kemarin.

Sebelum mendapatkan vaksinasi, kata dia, para WBP harus melewati beberapa prosedur, yakni registrasi, screening, vaksinator dan observasi.

Dari hasil screening yang dilakukan terdapat 1.384 WBP yang dapat divaksinasi, 48 WBP yang tidak masuk kriteria vaksinasi karena memiliki beberapa penyakit seperti Hipertensi, asma dan Jantung dan 1 WBP tidak mengikuti vaksinasi dikarenakan masa pidananya sudah berakhir hari ini.

“Setelah vaksinasi maka WBP akan mendapatkan kartu tanda telah melakukan vaksinasi COVID-19 tahap pertama, untuk tahap kedua akan dilakukan 2 bulan kemudian terhitung dari pelaksanaan tahap pertama dilakukan,” paparnya.

Taufiq pun berpesan kepada WBP Rutan Kelas I Depok agar disiplin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

“Kita pasti dapat melalui pandemi ini, asal kita disiplin terhadap protokol kesehatan, selain itu kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan teman teman dari RS Bhayangkara Brimob Kelapa Dua yang membantu dalam melaksanakan vaksinasi ini, mudah-mudahan ini bisa meminimalisir bahkan mencegah penyebaran virus Covid-19,”katanya.

Plt.Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat mengatakan kegiatan ini dapat mencegah penyebaran kasus Covid-19 di Kota Depok khususnya di lingkungan Rutan Kelas I Depok.

“Selain harus tetap menerapkan protokol kesehatan, pemberian vaksinasi ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Rutan Kelas I Depok terhadap kebijakan Pemerintah dalam mensukseskan penanggulangan penyebaran Virus Covid-19,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here