Setelah Ditemukan Narkoba Beberapa Waktu Lalu, Kamar Tahanan Disweeping Lagi

29
Petugas Rutan saat melakukan sweeping kamar tahanan

Cilodong | jurnaldepok.id
Blok hunian warga binaan di Rumah Tahanan kelas 1 Kota Depok di Cilodong disweeping oleh petugas.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR), Nu’man Fauzi mengatakan kata ‘Jangan-Jangan’ yang harus melekat erat di dalam diri petugas guna menjaga keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Blok Hunian, Rutan Kelas I Depok.

Dari itu, lagi-lagi mereka berkomitmen melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Blok Hunian Warga Binaan pemasyarakatan.

“Optimalisasi kewaspadaan terhadap peredaran Narkoba serta barang-barang terlarang didalam Rutan. Kemarin malam Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal PAS) Rutan Kelas I Depok melakukan sidak kedalam Blok Hunian. Sudut demi sudut tak luput dari pengawasan pemeriksaan petugas,” ujarnya, kemarin.

Sidak rutin ini, kata dia, merupakan tindaklanjut dan langkah percepatan deteksi dini Blok dan Kamar Hunian Rutan Kelas I Depok sesuai dengan arahan Dirjen Pemasyarakatan terkait upaya Deteksi dini Cegah Gangguan Kemanan dan Ketertiban.

Dari hasil penggeledahan tidak ditemukan narkoba maupun alat komunikasi dalam penggeledahan tersebut, namun petugas berhasil mengamankan benda yang dilarang beredar di Rutan seperti satu buah kabel colokan, satu buah korek api, lima buah sikim (benda tajam), tiga buah paku, satu buah alat cukur dan satu buah kabel.

“Rutan Kelas I Depok terus berkomitmen melakukan kegiatan sidak secara konsisten untuk tetap memastikan keamanan serta ketertiban di dalam Rutan tetap kondusif dari penggunaan serta peredaran barang-barang terlarang,” paparnya.

Usai kegiatan penggeledahan dilanjut dengan Sosialisasi Petugas kepada para Narapidana dan tahanan agar selalu menjaga kebersihan kamar hunian serta pengarahan agar tidak membawa barang-barang yang tidak sesuai ketentuan di dalam kamar dan mengikuti aturan tata tertib yang ada di Rumah Tahanan Negara Kelas I Depok. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here