Tracing Penanganan Covid-19, Pemkot Depok Operasikan Mobil Swab Keliling Gratis

65
Inilah mobil Swab Keliling yang mulai dioperasikan

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok mengoperasikan dua mobil swab keliling yang siap datang ke lingkungan warga untuk melakukan swab.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan untuk sementara ada dua unit kendaraan roda empat yang dijadikan kendaraan untuk melakukan tes Swab.

“Nantinya mobil tersebut akan melayani masyarakat datang ke rumah warga yang ingin melakukan swab test,” ujarnya, Minggu (25/7).

Dua mobil swab keliling ini merupakan inovasi yang dilakukan guna meningkatkan pelacakan (tracing) dalam penanganan Covid-19.

Dia mengatakan, Tes Covid-19 per pekan di Kota Depok baru mencapai 35 persen. Persentase itu dari target 15 ribu tes per pekan.

Untuk dapat meningkatkan tracing atau pelacakan, pihaknya telah menata sejumlah strategi, diantaranya menggencarkan pengetesan melalui layanan swab antigen maupun PCR di seluruh puskesmas yang ada di Kota Depok.

“Strategi lainnya yaitu dengan meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan (faskes) penguji di Kota Depok yang sebelumnya 2.752 menjadi 4.544 spesimen,”katanya.

Sementara itu, guna meningkatkan kapasitas tracing bulanan dengan swab antigen keliling, Pemkot Depok menggandeng pihak ketiga. Melalui kerjasama ini, Idris mengatakan pemeriksaan perbulannya ditargetkan mencapai 20.000.

“Selain itu juga ada penambahan Sumber Daya Manusia tracer, baik dari tenaga kesehatan (nakes) ataupun masyarakat,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here