Stok Oksigen di Beberapa Tempat Isi Ulang Habis, Masyarakat Kebingungan Cari Dimana

187
Antrean warga terlihat untuk mendapatkan oksigen

Pancoran Mas | Jurnal Depok

Pasokan oksigen medis yang sebelumnya mengalami peningkatan permintaan akhirnya mengalami kekosongan atau habis. Habisnya pasokan oksigen medis terjadi di salah satu pangkalan isi oksigen medis Raka Oksigen di Jalan Raya Tanah Baru, Kecamatan Pancoran Mas.

Jaka, penjual isi ulang oksigen medis menambahkan pasokan oksigen habis dimana hari sebelumnya pasokan permintaan dinilai meningkat.

“Habisnya pagi, dimana sebelumnya banyak warga yang antri untuk membeli oksigen medis,” ujarnya, Selasa (29/6).

Dia mengatakan kehabisan stok oksigen karena permintaan meningkat dan stok dipabriknya juga habis. Dirinya juga tidak bisa memprediksi kapan pasokan oksigen bisa ada kembali dan bisa dibeli oleh warga.

“Engak tahu kapan adanya, kita sudah pesen dipabriknya, ya mudah-mudahan segera datang,”katanya.

Kekosongan oksigen medis diketahui dengan adanya pemberitahuan oleh pemilik pangkalan dengan menempelkan kertas bertuliskan Oksigen Habis.

Di toko alat kesehatan di Jalan Kalimantan, Depok Utara, Kecamatan Beji, pasokan oksigen medis juga mengalami kekosongan. Petugas juga menempelkan pengumuman di depan kiosnya kalau oksigen habis.

Namun meski ketersediaan oksigen habis, masih banyak warga yang datang untuk membeli isi ulang oksigen untuk kebutuhan keluarganya yang menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu salah satu warga Cinangka, Putra mengungkapkan, dirinya mencari oksigen begitu susah.

“Ya kami cari penjual oksigen untuk keluarga yang isoman dibeberapa toko stoknya habis,”katanya.

Warga lainnya, Tasman menambahkan, dia dan temannya datang dari Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, untuk membeli oksigen medis. Dia mengatakan oksigen tersebut nantinya digunakan untuk warganya yang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi covid 19.

“Untuk warga kami yang kena Covid-19 jalani isolasi mandiri. Tadi pagi kami datang, namun pasokan habis dan sorenya baru datang,” ungkapnya.

Terkait harga Tasman menilai masih relatif aman dan belum ada kenaikan harga, kalau pun naik sekitar Rp 2000.Dimana harga tabung kecil sekitar Rp 25.000 dengan ukuran kubik.

Warga berharap Pemerintah bisa mengambil langkah cepat dalam memenuhi ketersediaan oksigen di Kota Depok. Mengingat kasus Covid-19 di Kota Depok terus meningkat sehingga banyak pasien isolasi mandiri di rumah yang membutuhkan asupan oksigen medis. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here