Merintis Karier dari Bawah, SS Dinilai Lebih Pas Menjabat Sekretaris Daerah

283
H Supian Suri

Margonda | jurnaldepok.id
Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Politik Kota, Bernhard mengungkapkan, munculnya tiga nama Calon Sekretaris Daerah Kota Depok diharapkan mampu menjadi penilaian Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara objektif.

“Pak Wali bisa menetapkan calon Sekda berdasarkan indikator berbasiskan kompetensi, profesionalisme dalam pengolahan pemerintahan, integritas dan perjalanan karier seseorang di birokrasi Pemerintah Kota Depok,” ujar Bernhard kepada Jurnal Depok, Kamis (24/6).

Jika dicermati, kata dia, maka Wali Kota Depok wajar untuk memilih dan menetapkan H Supian Suri (SS) sebagai Sekda Pemerintah Kota Depok.

“Beliau memiliki indikator tersebut, sebagaimana diketahui Pak SS berpengalaman di birokrasi Pemerintah Kota Depok mulai dari karir Ajudan Wali Kota, Lurah, Sekretaris Camat, Kepala Bidang dan terakhir sebagai Kepala BKPSDM,” paparnya.

Artinya, sambung dia, SS bukanlah birokrat karbitan yang ujug-ujug muncul saat ini melainkan ia merintis kariernya dari bawah.

“Dengan demikian Pak Wali bisa langsung menunjuk Pak SS untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah Kota Depok,” terangnya.

Hal itu, kata dia, dapat dilakukan jika ke depan Pemerintah Kota Depok ingin maju dan bisa melakukan reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Depok telah berakhir masa tugasnya. Hal itu seiring telah keluarnya tiga kandidat calon sekda usai mengikuti tahap akhir seleksi yakni wawancara.

Namun begitu, ketiga nama yang lolos yakni Dudi Miraz, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman; H Supian Suri, Kepala BKPSDM dan Wijayanto, Kepala Disporyata harus menerima dengan lapang dada siapa satu di antara yang mereka akan dipilih oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

“Itu sudah menjadi kewenangan kepala daerah, nanti kepala daerah akan melaporkan ke Gubernur dan KASN. Kalau sudah turun itu berarti tinggal tunggu pelantikan,” ujar Warli, Sekretaris Pansel Sekda Pemerintah Kota Depok, Rabu (23/6).

Ia menambahkan, saat ini masa kerja pansel sudah berakhir.

“Jadwal pelantikan direncanakan di bulan depan, setelah turun rekomendasi dari Gubernur dan KASN serta Mendagri tinggal pelantikan. Tugas kami sudah selesai,” paparnya.

Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Depok telah mengumumkan tiga nama calon sekda yang lolos dengan nilai terbaik.

“Berkenan dengan telah berakhirnya Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Depok, dengan ini diumumkan bahwa rapat akhir Panitia Seleksi yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2021 menetaptkan tiga peserta seleksi dengan nilai terbaik,” terang Kalamullah Ramli, Panitia Seleksi. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here