Ruang ICU di Seluruh Rumah Sakit di Depok Penuh, Ruang Isolasi Terisi 88%

188
Dadang Wihana

Margonda | jurnaldepok.id
Tingkat keterisian ruang Intensif Care Unit (ICU) untuk pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit di Depok sudah 100 persen.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana kepada wartawan mengatakan untuk keterisian ruang isolasi mencapai 88 persen.

“Untuk tingkat keterisian rumah sakit saat ini untuk bed occupancy rate (BOR) Kota Depok per hari ini untuk sudah mencapai 100 persen dan lebih karena memang kebutuhannya sangat tinggi. Untuk BOR isolasi sudah mencapai 88 persen,” ujar Dadang, Rabu (23/6).

Saat ini pihaknya sedang mengupayakan penambahan ruangan perawatan baik ruang ICU maupun kamar isolasi di rumah sakit.

“Rapat kordinasi sudah dilakukan pemerintah dengan sejumlah rumah sakit. Dalam waktu dekat untuk penambahan ICU akan ditambah kurang lebih 17 di RSUI. Demikian pula untuk tempat tidur isolasi,”katanya.

Dadang menyebut RSUI akan menambah tempat tidur sebanyak 51 unit untuk ruang isolasi. Kemudian RSUD Depok menambah 50 bed dan RS Bunda Margonda sebanyak 30 bed.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terealisasi sehingga saat ini antrian warga yang membutuhkan perawatan di IGD bisa segera terlayani di ruang perawatan,” jelasnya.

Terkait dengan status zona wilayah, saat ini pihaknya masih menunggu hasil dari pusat. Dadang menyebut hingga saat ini pihaknya belum mendapat kabar mengenai status zona wilayah Kota Depok.

“Sampai saat ini ketika saya bicara di sini belum dirilis oleh Satgas pusat. Jadi kami menunggu rilis dari Satgas Pusat,” ungkapnya.

Yang dilakukan pihaknya adalah melakukan langkah-langkah antisipatif. Yaitu dengan merevisi keputusan walikota terkait dengan PPKM mikro.

“Terdapat pengetatan. Misalnya untuk mal hanya buka sampai pukul 19.00 WIB. Untuk restoran, cafe, rumah makan sampai pedagang sampai kaki hanya boleh take away, tidak diperkenankan dine in,” jelasnya.

Sementara itu salah satu keluarga pasien non covid 19 Ratna membenarkan kalau ruang ICU di Rumah Sakit Penuh.

“Kebetulan orang tua kami sedang dirawat dan masih di ruang IGD salah satu Rumah Sakit swasta masih menunggu ruang ICU karena penuh,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here