Dokter Tirta Apresiasi Wali Kota Depok Dalam Menangani Covid-19

141
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar dialog virtual

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris menjadi satu-satunya kepala daerah yang diundang dalam dialog bersama Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi dan Influencer, dr Tirta Mandira Hudhi.

Dalam kesempatan itu, dr Tirta memuji sejumlah langkah dan kebijakan Wali Kota Depok, Mohammad Idris dalam penanganan Covid-19. Menurutnya, semua pihak harus mengapresiasi Kota Depok atas langkahnya menekan penyebaran virus tersebut.

“Salut buat teman-teman Depok yaitu Pak Idris dan kawan-kawan. Kemarin Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi) membaca paparan dan mengunjungi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dua minggu lalu, dan dikabarkan dari vaksinasi penyerapan paling bagus RSUI nomor 6 dari seluruh Indonesia,” ujar dr Tirta dalam dialog virtual.

Relawan Covid-19 tersebut juga membenarkan ucapan Mohammad Idris bahwa daerah penyangga Ibukota yaitu Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang sangat pengaruh dengan Jakarta. Sebab, ungkap dr Tirta, jika rumah sakit rujukan Covid-19 di seluruh daerah penyangga penuh, maka pasien akan dirujuk ke Jakarta.

“Kolaborasi antara FK UI, Kota Depok dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu sangat luar biasa. Maka vaksinasi RSUI Kota Depok berhasil berada di posisi nomor enam. Nomor 1-5 itu masih dipegang Jakarta,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, upaya-upaya yang dilakukan Wali Kota Depok harapannya juga dilakukan oleh kepala daerah lain, tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di luar Jawa.

“Harapannya juga memperbanyak ruang isolasi di hotel atau gedung yang disediakan pemerintah daerah atau pusat untuk pasien bergejala ringan dan sedang. Karena di rumah sakit itu untuk pasien Covid-19 bergejala berat,” tegasnya.

Dikatakannya, apabila pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang dapat melakukan isolasi mandiri di rumah, kemungkinan besar mereka bisa ke luar untuk berkeliling di lingkungan. Akibatnya penyebaran virus Covid-19 dapat semakin meluas.

“Mulai diperbanyak hotel-hotel, balai-balai atau gedung-gedung untuk isolasi gejala ringan dan sedang. Semangat terus Pak Wali Kota Depok. Depok diapresiasi sekali, saya mengikuti teman-teman Depok di twitter dan sampai dikunjungi oleh Bapak Jokowi,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengucapkan terima kasih atas seluruh kontribusi para tenaga kesehatan, salah satunya dr Tirta. Ia pun berpesan kepada semua pihak agar tidak lengah dapat menjalani pandemi ini.

“Terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang tidak bosan dan teman-teman di Satgas yang setiap malam merasa cemas. Semoga ini bagian motivasi kita untuk terus meningkatkan kontribusi kerja-kerja untuk bangsa negara,” jelasnya.

Idris juga meminta masyarakat untuk percaya kepada pemerintah yang bekerja untuk kepentingan warga. Hidup dalam kedamaian, dan kerukunan tanpa ada kecurigaan kepada siapa saja.

“Kata kuncinya jangan menerima postingan-postingan begitu saja. Tapi klarifikasi kepada pakarnya agar mendapatkan informasi yang benar dan tepat serta berguna untuk kita semua,” ungkapnya.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar dialog virtual dengan tema Jangan Lelah Jangan Lengah, Tetap Disiplin Prokes. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here