Breaking News! Pembunuh Tukang Bakso di Gang Kopral Sawangan Dituntut Mati

522
Salah seorang terdakwa pembunuh tukang bakso di Sawangan saat diamankan

Kota Kembang | jurnaldepok.id
JW, salah satu terdakwa pembunuhan sadis yang jenazahnya dikubur di rumah kontrakan di Gg Kopral, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, dituntut hukuman mati oleh jaksa penuntut umum.

Hal itu terungkap dalam sidang yang berjalan secara virtual di Pengadilan Negeri Depok. Dimana Jaksa Penuntut Umum Kejari Depok, Rozi Julianton dan Arif Syafrianto menuntut kedua terdakwa masing-masing dengan tuntutan hukuman mati dan pidana seumur hidup.

“Menyatakan terdakwa JW bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 340 KHUP dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana mati. Terdakwa HR bersalah sebagaimana diatur dan dan diancam pidana Pasal 340 KUHP dan Pasal 181 KUHP dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara seumur hidup dengan perintah agar terdakwa tetap dalam tahanan,” ujarnya, Senin (21/6).

Rozi menyebutkan, salah satu alasan para terdakwa dikenakan hukuman maksimal karena perbuatan para terdakwa dianggap kejam dan telah memenuhi unsur Pasal 340 KUHP yakni pembunuhan berencana.

“Perbuatan terdakwa dapat mengganggu stabilitas keamanaan dan memicu terjadinya kerusuhan antar masyarakat terutama keluarga korban dengan keluarga terdakwa. Kami penuntut umum dalam surat tuntutannya menyampaikan tidak ada hal yang meringankan bagi kedua terdakwa,”katanya.

Atas pertimbangan tersebut penuntut umum menuntut pidana terhadap terdakwa JW dengan pidana Mati.

Sementara itu Kuasa Hukum terdakwa, Taty Wahyuni mengaku akan mengajukan pembelaan atau pledoi untuk kliennya yang mendapatkan tuntutan maksimal oleh JPU.

“Kami mengajukan pembelaan secara tertulis, itu akan diajukan minggu depan. Dikasih waktu sama hakim hingga minggu depan,” tandasnya.

Taty mengatakan, alasannya mengajukan pledoi karena meski secara perbuatan telah memenuhi unsur Pasal 340 KUHP, namun kliennya bersikap kooperatif selama persidangan.

Sebelumnya, dua terdakwa JW dan HR terbukti melakukan pembunuhan terhadap pria berinisial D yang mayatnya dikubur dibawah ubin kamar kontrakan di Jalan Raya Muchtar Gg Kopral Daman, Sawangan, pada Rabu (18/11/2020).

Keduanya melakukan pembunuhan karena dilatarbelakangi oleh sifat D yang emosional dan kerap membentak dan memarahi korban. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here