Penjual Sapi Curug Berkah Utamakan Kualitas, Harga Dibandrol Mulai Rp 15-70 Juta

159
Pemilik RTH Curug Berkah (depan) saat meninjau sapi kurban bersama rekannya

Bojongsari | jurnaldepok.id
Pemilik Rumah Potong Hewan (RPH) Curug Berkah, H Bisri mengungkapkan, dalam menjual hewan kurban pihaknya mengutamakan kualitas dan kuantitas sesuai syariat Islam.

“Iya, kualitas bagi kami nomor satu. Sapi yang datang dari luar kota langsung kami vaksin, beri vitamin dan kami karantina. Itu untuk menjaga kesehatan sapi hingga menjelang Idul Adha,” ujar H Bisri kepada Jurnal Depok, Kamis (17/6).

Tak hanya memberikan vaksin dan vitamin, pihaknya juga rutin mendatangkan dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP).

“Alhamdulillah, tahun ini stok sapi yang kami datangkan dari wilayah Bali dan Jawa kurang lebih 500-800 ekor. Sebelum dikirim ke sini, sapi pun dikarantina terlebih dahulu di daerah asal, agar sehat dalam perjalanan hingga sampai kandang kami,” paparnya.

Meski mengaku penjualan menurun akibat dampak Covid-19, namun jumlahnya tidak signifikan.

“Tahun lalu di awal pandemi kami masih bisa menjual 500 ekor lebih, mudah-mudahan tahun ini penurunannya tidak signifikan,” terangnya.

Harga satu ekor Sapi Bali dengan bobot kurang lebih 200Kg dibandrol Rp 14-16 juta. Sementara untuk sapi jenis Simental dan Limosin dengan bobot berat maksimal satu ton dibandrol mulai harga Rp 70-75 juta.

“Untuk harga kami rasa kompetitif, namun kualitas kami jamin dan bergaransi. Kami jualnya jogrogan (per ekor) bukan kiloan. Nantinya pembeli bisa melihat langsung dan menaksir berapa harganya,” jelasnya.

Pengurus MUI Kecamatan Bojongsari, Ustad Mohammad Husen yang sempat berkunjung ke lokasi mengatakan, semangat berkurban warga Bojongsari setiap tahunnya terus meningkat.

“Meskipun di tengah pandemi, namun tidak menyurutkan masyarakat Bojongsari untuk berkurban. Menurut catatan tahun lalu, di wilayah Bojongsari hewan kurban yang disembelih lebih dari 1.000 ekor,” tandasnya.

Ia juga mengapresiasi RPH Curug Berkah yang dalam menjual dan memotong hewan kurban telah sesuai syariat Islam dan memiliki sertifikat halal.

Tokoh masyarakat Curug, Ustad Saepudin juga merekomendasikan bagi masyarakat yang akan berkurban agar dapat membeli hewan kurbannya di Curug Berkah.

“Selain kualitas terjamin dan memenuhi syariat Islam, RPH Curug Berkah ini juga rutin berkontribusi ke masyarakat sekitar. Setiap Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, RPH Curug Berkah memotong sapi yang dagingnya dibagikan ke masyarakat. Selain itu pemilik juga sangat peduli terhadap kegiatan sosial seperti penyantunan yatim dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya,” ungkapnya.

RPH Curug Berkah yang berdiri sejak delapan tahun silam berada di Jalan Raya Curug RT 01/04 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here