Sehari 4 Pasien Covid-19 Meninggal di RSUD Depok, Ruang ICU Penuh

589
Tampak depan RSUD Kota Depok

Sawangan | jurnaldepok.id
Jumlah pasien penderita Covid-19 di beberapa rumah sakit di wilayah Depok terus mengalami peningkatan, tak terkecuali di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok. Bahkan pada, Selasa (15/6) kemarin jumlah pasien yang meninggal akibat Covid-19 di rumah sakit milik pemerintah daerah itu mencapai empat orang.

“Betul, satu hari kemarin ada empat orang yang meninggal akibat Covid-19,” ujar Devi Maryori, Direktur RSUD Kota Depok, Rabu (16/6).

Ia menambahkan, terkait dengan ketersediaan ruang isolasi saat ini masih tersedia 48 persen dari kapasitas 128 tempat tidur.

“Yang terpakai berarti mencapai 52 persen. Kalau ICU di RSUD sudah terpakai semua enam ruangan, tidak ada lagi. Ada satu NICU tapi untuk bayi, untuk dewasa sudah habis,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ruang ICU sudah penuh sejak lima hari lalu.

“Memang terjadi peningkatan di minggu kedua Juni ini, sementara di akhir Mei dan awal Juni bahkan sempat ada yang kosong,” katanya.

Jumlah pasien Covid-19, sambungnya, meningkat satu bulan setelah lebaran.

“Kelihatan banget naiknya setelah satu bulan dari lebaran,” jelasnya.

Sebelumnya, ruang isolasi untuk pasien Covid-19 wisma Makara dan Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia Kota Depok nyaris penuh.

Kepala Tempat Karantina Pasien Covid-19 Kota Depok, Denny Romulo mengungkapkan, ada dua lokasi tempat isolasi pasien tanpa gejala.

“Yakni di Pusat Studi Jepang UI dan di Wisma Makara UI. Namun saat ini kondisi ke dua tempat itu pun nyaris penuh,” ujarnya, kemarin.

Melalui keterangan tertulisnya Denni menyebut, data pasien isolasi mandiri di Pusat Studi Jepang UI saat ini telah terisi 93,75 persen.

“Data ini didapat sekira pukul 20:00 WIB pada Senin 14 Juni 2021. Kapasitasnya 32 tempat tidur, terisi 30 dan kosong dua. Jumlah pasien 30 orang. Terdiri dari 15 laki-laki dan 15 lainnya perempuan,” paparnya.

Kemudian, lanjutnya, Wisma Makara UI yang memiliki fasilitas 108 tempat tidur dan empat ekstra bed saat ini sudah terisi sebanyak 78 tempat tidur dan kosong 30 tempat tidur.

“Presentase bed terisi 72,22 persen. Jumlah pasien di Wisma Makara UI 78 orang. Ini terdiri dari laki-laki 48 orang dan perempuan 30 orang,”katanya

Dia menegaskan, data ini bisa cepat berubah karena jumlah pasien sembuh dan yang masuk silih berganti. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here