Ajak Masyarakat Taat Pajak, Samsat Cinere Gandeng Kwarcab Pramuka

13
Kapus Samsat Cinere dan Kakwarcab Kota Depok saat memberikan apresiasi kepada adik-adik Pramuka

Laporan: Rahmat Tarmuji
Untuk membangun kesadaran masyarakat dan meningkatkan pendapatan pajak, Samsat Cinere menggandeng Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok.

Hal itu ditandai dengan dilaunchingnya Sosialisasi Perpajakan Bersama Gerakan Pramuka Taat Pajak (Geprak) Kota Depok.

“Kami ingin memperkenalkan kepada adik-adik Pramuka bahwa salah satu kewajiban warga Negara itu membayar pajak, salah satunya pajak kendaraan bermotor. Sebagai generasi muda minimal ia tahu dan dapat menyampaikan ke orang tua nya,” ujar Enih Srimurni, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Depok II Cinere, Senin (14/6).

Ia menambahkan, pajak kendaraan bermotor tak lain untuk menunjang pembangunan daerah yang telah bekerjasama antara pemerintah provinsi dan Kota Depok terkait bagi hasil.

“Paling tidak mereka menyampaikan ini kepada teman dan saudara, kalau mereka mau juga bisa dilibatkan di penelusuran wajib pajak untuk mengingatkan warga agar membayar pajak dan mengurangi KTMDU,” paparnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut tidak hanya seremonial saja akan tetapi harus berkelanjutan. Dari itu, setiap tanggal 14 pihaknya dan ASN Samsat akan mengenakan baju Pramuka dan melibatkan anggota Pramuka seperti sosialisasi dan penelusuran wajib pajak.

“Di Samsat lain belum ada, ini baru di Depok. Jangan pakai baju nya saja, tapi jiwanya juga harus Pramuka yang ikut membantu Negara,” katanya.

Sementara itu Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Depok I Depok, Dadi Darmadi yang juga ikut serta dalam kesempatan itu mengatakan, Pramuka merupakan bagian elemen masyarakat yang memiliki potensi cukup besar.

“Di Depok ini anak-anak usia milenial kurang lebih mencapai 200 ribu an, menurut kami ini sangat potensial dilakukan pendekatan oleh Pramuka. Kami berharap adik-adik Pramuka bisa menumbuhkan kesadaran sejak dini terkait pentingnya membayar pajak khususnya bagi masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor,” tandasnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Depok, Nina Suzana mengatakan, sosialisasi ini merupakan suatu terobosan kerjasama antara Kwarcab Pramuka Depok dan P3D Samsat Cinere serta Samsat Depok.

“Kami berharap kerjasama ini ditindaklanjuti dengan MoU. Sehingga dapat mengetahui dengan jelas tugas kita apa. Mungkin ini terobosan di Jawa Barat, Samsat Cinere dan Samsat Depok bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka,” terangnya.

Nina menjelaskan, selama ini kontribusi bagi hasil pajak kendaraan bermotor untuk Pemkot Depok cukup besar hingga mencapai Rp 600 milyar pada tahun 2021.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, kita bergerak memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk taat pajak,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Depok, Syaiful Hidayat mengatakan, tahun ini pihaknya juga bekerjasama terkait pembinaan dengan berbagai pihak.

“Adik-adik Pramuka ini dilibatkan untuk sosialisasi kepada teman-teman yang berada di ranting, karena mereka ini mewakili 11 kecamatan. Apa yang mereka dapatkan hari ini bisa disampaikan kepada teman-teman,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here