Kangen ke Alun Alun? Siap-siap Agustus Bakal Dibuka Lagi

78
Tampak depan padepokan Alun Alun Kota Depok

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok bakal membuka kembali Alun Alun Depok yang sudah lebih dari setahun ditutup total lantaran pandem Covid-19.

“Memang ada rencana dibuka kembali pada Juli atau Agustus mendatang dengan istilah Uji Coba Pembukaan Alun Alun New Normal, itu pun kami buka hanya di week day yakni Senin sampai Jumat, dengan asumsi hari Jumat itu untuk lansia,” ujar Purnomo, Kepala UPTD Taman Hutan Raya Kota Depok, Minggu (13/6).

Ia menambahkan, pembatasan tetap dilakukan dengan cara buka tutup. Dimana, dalam satu hari Alun Alun Depok akan dibuka menjadi dua sesi yakni sesi pertama mulai pagi hingga siang dan sesi kedua dimulai siang hingga sore.

“Jam nya masih kami godok. Tentu ada syaratnya, Senin sampai Kamis tidak boleh ada lansia yang masuk begitu juga balita. Hari Jumat khusus lansia. Nantinya yang diperbolehkan masuk adalah mereka yang memiliki KTP Depok dengan kapasitas per sesinya 500 pengunjung,” paparnya.

Jumlah tersebut, kata dia, jauh lebih sedikit dari kapasitas normal alun alun yang bisa mencapai 3.000 lebih. Namun begitu, rencana tersebut bisa saja berubah lantaran saat ini akan dilakukan pembangunan pagar pembatas di kawasan Alun Alun Depok.

“Jika dibuka Juli atau Agustus nanti, kami khawatir dari sisi keamanan akan banyak yang los masuk, karena sedang dilakukan pembangunan pagar depan dan samping. Dari itu rencana itu kami sedang matangkan, kami berharap pembangunan pagar bisa selesai dulu,” jelasnya.

Dikatakannya, pembangunan pagar sisi depan dan samping diprediksi akan memakan waktu tiga sampai empat bulan.

“Memang ada wacana dibuka Juli atau Agustus, namun kami melihat terlebih dahulu situasinya. Kami inginnya pembangunan pagar jadi terlebih dahulu, jangan sampai nanti terjadi cluster Alun Alun,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok secara resmi Alun Alun pada 14 Maret 2020. Hal itu sebagai Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus (Covid-19) di Kota Depok, terhitung Minggu, 15 Maret 2020 Alun-Alun Kota Depok ditutup sementara bagi Pengunjung.

“Seluruh aktifitas dan kegiatan masyarakat yang berada di alun-alun Kota Depok dihentikan sementara,” ujar Purnomo, Kepala UPTD Tahura Kota Depok kepada jurnaldepok.id, Sabtu (14/3/2020) malam. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here