Rektor Universitas Gunadarma Beberkan Capaian Kampus

4
Suasana prosesi wisuda mahasiswa Gunadarma

Laporan: Aji Hendro
Universitas Gunadarma (Gundar) menggelar Wisuda daring ke-7 Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor. Rangkaian acara wisuda diawali oleh pembukaan sidang terbuka senat UG oleh Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM.

Prosesi wisuda melibatkan orang tua atau pendamping yang diliput secara langsung melalui webcam atau kamera eksternal yang terpasang pada komputer di rumah wisudawan masing-masing.

Rektor Universitas Gunadarma, Margianti menyebutkan beberapa pencapaian yang didapat. Misalnya keberhasilan mahasiswa dalam mendapatkan hibah program kreativitas mahasiswa. Kemudian upaya-upaya yang dilakukan oleh Universitas Gunadarma untuk dapat menjamin keberlanjutan pembelajaran dan layanan akademik maupun nonakademik terutama di situasi pandemi Covid-19 dan era revolusi industry 4.0.

“Kepemilikian super computer DGX-1 yang digunakan dalam implementasi artificial intelligence; Pengembangan produk kesehatan berbasiskan ICT (robovent, robohelm, roboflow, ncpap , robovio dan beberapa produk lain) yang telah didistribusikan dan digunakan dalam penatalakasanaan pandemi Covid-19,” ujarnya, kemarin.

Kemudian juga, kata dia, Universitas Gunadarma melaksanakan perkuliahan dengan memanfaatkan UGTV melalui program team teaching serta pelaksanaan sentra vaksinasi UG LLDIKTI III untuk dosen dan tenaga kependidikan.

Disampaikan juga soal fasilitas pembelajaran berbasis edutainment UG-Technopark. UGTechnoPark merupakan komplek atau kawasan pengembangan teknologi, manajemen, pendidikan, dan bisnis secara terpadu, berada di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Kawasan tersebut bersifat holistic integrative untuk menunjang kegiatan pendidikan, pertanian terpadu, pariwisata dan pengembangan teknologi terpadu.

“Sehingga, UGTechnoPark ini nantinya akan menjadi icon sekaligus wujud dari multidisiplin ilmu yang ada di Universitas Gunadarma,”katanya.

Sementara itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III, Agus Setyo Budi menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan.

Agus juga menyampaikan terima kasih kepada Universitas Gunadarma yang bersama bersama dengan LLDIKTI III telah menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk kelompok sasaran dosen dan tenaga kependidikan.

“Sentra vaksin dilaksanakan 2 tahap pada bulan April dan Mei 2021 di kantor LDIKTI III Cawang dan tercatat sebanyak 1724 dosen serta tenaga kependidikan dari 42 PT di Jakarta tervaksinasi lengkap,” tandasnya.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan Universitas Gunadarma memiliki andil yang baik dalam pengembangan penelitian.

“Kami nilai Universitas Gunadarma sudah berkontribusi dalam penelitian apalagi saat di masa pandemic Covid 19,” terangnya.

Lebih lanjut, Menko PMK juga berpesan kepada para wisudawan untuk tetap belajar dan terus mengembangan diri sehingga dapat mampu beradaptasi ditengah situasi yang kompleks dan dinamis.

“Tetap menguatkan peran serta fungsi manusia, menjaga sisi humanis dan mempertahankan kearifan dan jati diri Bangsa Indonesia ditengah perkembangan teknologi yang semakin terakselerasi oleh situasi pandemic,” ungkapnya.

Dia menambahkan keberhasilan mahasiswa dalam mendapatkan hibah program kreativitas mahasiswa dan juga upaya-upaya yang dilakukan oleh Universitas Gunadarma untuk dapat menjamin keberlanjutan pembelajaran dan layanan akademik maupun nonakademik terutama di situasi pandemi Covid-19 dan era revolusi industry 4.0. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here