Gagal Berangkat, Kemenag Jamin Dana Haji Aman dan Bisa Diambil Lagi

129
H Asnawi

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, H Asnawi menjamin dana setoran jamaah calon haji dijamin aman.

“Sampai saat ini dana haji sangat aman, karena Negara yang memegangnya dan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), jadi sangat aman dan menguntungkan,” ujar Asnawi kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dari itu Asnawi mengimbau kepada para jamaah untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan berita hoax terkait dana haji dan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Itu berita enggak benar, pemerintah enggak mungkin melakukan hal semacam itu. Kami akui, warga yang batal berangkat haji ini berdampak pada psikologis mereka, jadi kami minta semua pihak untuk memberikan informasi yang terbaik kepada calon jamaah haji, jangan sampai berita itu malah membuat resah mereka,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kalau pun ada jamaah haji yang ingin menarik lagi uang keberangkatan haji, itu bisa dilakukan.

“Silahkan saja itu bisa dilakukan, datang saja ke Kantor Kementerian Agama dan nanti para calon jamaah haji akan mendapatkan penjelasan terkait hal itu,” jelasnya.

Dikatakan Asnawi, jamaah calon haji bisa menarik uangnya kembali khususnya dana pelunasannya saja.

“Kalau dana keseluruhannya diambil berarti orang itu batal untuk berangkat haji, itu juga boleh diambil tapi ia batal berangkat haji. Kalau hanya dana pelunasannya saja yang diambil, jamaah masih bisa berangkat haji dan tetap mendapatkan porsi untuk tahun selanjutnya,” terangnya.

Terkait prioritas keberangkatan jamaah lanjut usia, Asnawi mengatakan bahwa hal itu sudah diatur dalam peraturan.

“Namun jika ada kebijakan baru, nanti akan kami ikuti. Kalau prosentase untuk lansia sebenarnya itu sudah diatur. Kami minta kepada semua jamaah haji agar tidak terpancing dengan berita hoax,” katanya.

Sebelumnya Asnawi mengungkapkan ada sekitar 1.700 calon jamaah haji asal Kota Depok yang gagal berangkat pada musim haji tahun 2021 ini dikarenakan kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait Covid-19.

“Setiap tahun termasuk tahun ini ada sekitar 1.700 jamaah haji asal Kota Depok. Dengan demikian pembatalan keberangkatan haji sudah berlangsung selama dua tahun ini,” ujar Asnawi kepada Jurnal Depok, Kamis (3/6).

Dengan demikian, kata dia, meminta kepada seluruh jamaah haji asal Kota Depok untuk bersabar dan berdoa serta terus menjaga kesehatan.

“Mudah-mudahan di tahun depan bisa dilaksanakan ibadah haji tersebut. Hitungannya bukan 1.700 dikali dua, namun sejatinya jika itu berangkat normal. Karena ini kan tidak berangkat,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika tahun depan diperbolehkan berangkat maka yang akan diberangkatkan terlebih dahulu adalah mereka yang telah mendaftar lebih awal.

“Peraturannya masih tetap untuk kuota yang lebih dulu mendaftar,” jelasnya.

Dengan peristiwa tersebut, pihaknya akan mensosialisasikan langsung kepada jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here