Sabtu dan Minggu Ini Puncak Warga Hajatan, Kondangan 5-7 Titik dalam Sehari

317
H Asnawi

Sawangan | jurnaldepok.id
Kementerian Agama Kota Depok mencatat ada ratusan warga Kota Depok yang melangsungkan pernikahan di hari Sabtu dan Minggu 5-6 Juni 2021.

“Memang bulan Syawal ini menjadi pilihan bagi masyarakat untuk melangsungkan pernikahan dan hajatan. Selain Syawal juga masyarakat sering memilih bulan Haji atau Dzulhijah, tapi trend akan menurun di bulan Dzulqoidah atau yang sering disebut bulan Apit,” ujar H Asnawi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, Sabtu (5/6).

Asnawi mengaku tak mengetahui alasan kenapa warga memilih bulan Syawal. Namun ia mengatakan, bahwa hal itu merupakan tradisi dari orang tua terdahulu.

“Pada dasarnya menikah di hari atau bulan apa saja itu bagus, namun bulan Syawal ini karena sudah menjadi tradisi,” paparnya.

Dikatakannya, data dari 11 KUA di Kota Depok pada Sabtu-Minggu ini tercatat ada 353 pasangan calon pengantin yang melangsungkan pernikahan.

“Puncaknya memang Sabtu dan Minggu ini. Di hari Sabtu (5/6) ini kami mencatat ada 162 peristiwa pernikahan. Sementara di hari Minggu (6/6) tercatat 192 pasangan yang melangsungkan pernikahan,” terangnya.

Dikarenakan saat ini masih dalam suasana pandemi, Asnawi tetap mengimbau kepada masyarakat terutama warga yang punya hajat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Peraturan pernikahan di Kantor KUA cukup 10 orang yang hadir dengan prokes, begitu juga di rumah maupun di gedung jumlahnya sama. Namun ketika warga menggelar resepsi atau hajatan, kami serahkan kepada tim gugus tugas yang mengatur di wilayah tersebut, jumlahnya juga harus tetap dibatasi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PAC PPP Kecamatan Sawangan, Ma’mun Pratama tidak memungkiri di hari Sabtu dan Minggu ini undangan pernikahan dari warga cukup membludak.

“Di hari Sabtu ini saja saya kondangan ada tujuh titik, sementara di hari Minggu nya ada lima titik. Semoga ini membawa keberkahan bagi semua,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here