Jalankan Program Ketahanan Pangan, BBI Produksi 200 Ribu Benih Ikan Per Tahun

35
Kepala UPTD BBI saat menyerahkan benih ikan ke Komunitas Wartarwan Media Sahabat Depok

Bojongsari | jurnaldepok.id
Balai Benih Ikan (BBI) yang berada dibawah Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, saat ini mampu memproduksi benih ikan konsumsi sebanyak 200 ribu per tahun.

“Ada lima jenis ikan konsumsi yang kami budidayakan seperti Nila, Nila Merah, Gurame, Lele, Tawes. Alhamdulillah produksi benih setiap tahunnya kini mencapai 200 ribu lebih,” ujar M Nur Hidayat, Kepala UPTD BBI Kota Depok, Kamis (3/6).

Pernyataan tersebut dikatakan Nur saat memberikan bantuan 2.500 benih ikan kepada komunitas wartawan yang tergabung dalam Media Sahabat Depok (MSD) di Kawasan Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari.

“Selain kepada masyarakat, penyaluran benih ikan juga diberikan kepada komunitas seperti kelompok pembudidaya ikan, instansi vertikal dan Karang Taruna. Tujuannya untuk mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan,” paparnya.

Dia berharap bantuan benih ikan konsumsi sebanyak 2.500 ekor kepada MSD dapat bermanfaat.

“Jika panen dapat berguna dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama di masa pandemi, dapat menumbuhkan ekonomi mandiri yang lebih baik. Kami juga salurkan benih kepada RW yang terdampak Covid-19,” tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya sedang melakukan pengembangan budidaya ikan hias jenis Cupang alam sebagai pilot project pemerintah pusat.

“Tahun lalu kita fokus kembangkan jenis Ikan Neon Tetra dan Koi yang dibutuhkan masyarakat. Tahun ini kita akan kembangkan Cupang alam sebagai pilot project pemerintah,” tandasnya.

Presiden MSD, Rahmat Tarmuji menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, khususnya UPTD Balai Benih Ikan (BBI) yang telah membantu menyalurkan benih ikan konsumsi sebanyak 2.500 ekor.

“Semoga benih ikan ini dapat dikembangkan oleh para temen-temen wartawan sekaligus mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan di tengah masa pandemi sekarang ini,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here