Wali Kota Akui Sudah Mengantongi Nama Calon Sekretaris Daerah

234
Mohammad Idris

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku telah mengantongi sejumlah nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Depok.

“Berdasarkan laporan sudah ada Sembilan nama yang mendaftar dan berkas admistrasinya sudah dicek. Kami belum tahu yang memenuhi syarat berapa orang,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dengan begitu, sambungnya, jika Sembilan nama yang mendaftar dan memenuhi syarat maka mereka berhak untuk mengikuti kontestasi pemilihan Sekda dan mengikuti seleksi oleh pansel.

“Semua Eselon II yang memenuhi syarat sudah masuk kantong saya, tinggal dikeluarkan saja yang mana nantinya yang keluar dari kantong,” paparnya.

Sebelumnya, Sri Utomo, Pj Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Depok, Senin (24/5).
Ia mengatakan, jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah hingga penutupan pendaftaran calon Sekda, Senin 24 Mei pukul 24.00 WIB.

Setelah proses pendaftaran, sambungnya, tahap selanjutnya adalah verifikasi admistrasi bagi mereka yang mendaftar.

“Sesuai aturan yang mendaftar harus empat orang, ini sudah lebih. Selanjutnya kami akan melakukan pemeriksaan admistrasi,” katanya.

Rencananya jadwal seleksi yang meliputi pengumuman pendaftaran 7-24 Mei 2021, pendaftaran dan penerimaan berkas 8-24 Mei, seleksi administrasi 25-28 Mei, pengumuman seleksi administrasi 31 Mei. Lalu uji kompetensi 2 Juni, pemeriksaan kesehatan dan MMPI-2 7 Juni, pengumuman uji kompetensi 15 Juni, penulisan makalah 16 Juni, wawancara 21 Juni, dan pengumuman akhir pada 23 Juni.

Seperti diketahui, ada beberapa kandidat kuat untuk menempati posisi Sekda diantaranya Kepala BKPSDM, H Supian Suri; Kepala BKD, Nina Suzana; Kepala Bappeda, Widyati Riandani dan Kepala Disporyata, Wijayanto.

Terpisah, Pengamat Politik dan Kebijakan Publik, Bernhard menilai, Supian Suri (SS) menjadi sosok yang pas dan tepat untuk menduduki posisi tersebut.

“Pak SS adalah salah satu birokrat yang cukup punya pengalaman untuk duduk sebagai Top Manager Birokrasi di Pemerintahan Kota Depok,” ujarnya kepada Jurnal Depok, Minggu (9/5).

Dikatakannya, Supian memiliki segudang pengalaman di Pemerintah Kota Depok mulai dari Ajudan Wali Kota, pernah menjadi Lurah, Sekretaris Kecamatan Tapos, Kabid PBB & BPHTB dan Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terbaru Satu Pintu Kota Depok.
“Bahkan saat ini Pak SS pun sedang menjabat Kepala BKPSDM. Segudang pengalaman di birokrasi telah dimilikinya,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai Kepala BKPSDM Supian telah memiliki kemampuan melakukan pengelolaan manajemen sumber daya manusia di birokrasi Pemerintah Kota Depok.

“Ini menunjukkan bahwa Pak SS memiliki kemampuan untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Daerah Kota Depok. Disamping itu Pak SS sebagai seorang tokoh muda birokrat yang cukup energik,” terangnya.

Bernhard yang pernah menjadi Anggota DPRD Depok Periode 2014-2019 meyakini Supian mampu menjalankan kebijakan yang diberikan Wali Kota Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here