Tol Cijago Seksi 3 Selesai di 2022, Waktu Tempuh Jagorawi-Bandara Soetta Hemat Signifikan

285
Menteri PUPR bersama Wali Kota Depok saat ground breaking pembangunan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 3

Beji | jurnaldepok.id
Pembangunan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 3, Kukusan-Cinere dimulai kembali dan ditargetkan pekerjaan konstruksi selesai akhir tahun 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan pekerjaan pembangunan seksi 3 Tol Cijago menyambungkan Kukusan-Cinere ini nantinya akan membantu mobilitas dan perkembangan industri bagi masyarakat dalam penumbuhan ekonomi.

“Kami ucapkan rasa terima kasih sebagai penanggung jawab pekerjaan oleh PT Trans Lingkar Kita Jaya di tengah pandemi masih produktif dalam pekerjaan tol sehingga dapat membuka peluang kerja,” ujarnya, Jumat (28/5).

Selain itu dalam pembebasan lahan tol, lanjut Basuki, untuk seksi 3 Kukusan-Cinere sudah sekitar 70 persen lebih. Ditargetkan dalam pembebasan lahan sampai Agustus 2021 sudah semua.

“Dalam pengerjaan tol target selama 1,5 tahun dapat berjalan lancar,” paparnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya, Hilman Muchsin mengatakan pembangunan konstruksi jalan tol ditargetkan selesai dalam jangka waktu 1,5 tahun.

“Target konstruksi ditargetkan selesai 1,5 tahun dan dapat beroperasi pada awal 2023,” katanya.

Sementara itu melalui pelelangan terbatas, lanjut Hilman, LMA-PPRE KSO ditetapkan sebagai kontraktor pelaksana pembangunan jalan Tol Cijago seksi 3 dan PT Multi Phi Beta ditetapkan sebagai konsultan pengawas pembangunan Jalan Tol Ruas Cijago Seksi 3

“Kita harapkan proses pembangunan Tol Cijago seksi 3 ini dapat selesai sesuai jadwal dan mewujudkan peran strategis sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi kawasan,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), Jalan Tol Cinere–Jagorawi memiliki nilai strategis meningkatkan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jabodetabek.

Ruas jalan tol ini juga akan memperlancar arus mobilitas warga Bodetabek menuju Jakarta dan Bandara Soetta.

“Waktu tempuh Jagorawi–Bandara Soetta akan berkurang signifikan saat pembangunan jalan Tol Cijago ini rampung,” katanya.

Seksi jalan ini menghubungkan Kukusan–Cinere dan membentang sepanjang 5,4 km. Jalan Tol Cijago Seksi 3 melengkapi 2 seksi Jalan Tol Cijago sebelumnya, yaitu Seksi 1 Jagorawi–Raya Bogor sepanjang 3,7 km, dan Seksi 2 Raya Bogor–Kukusan sepanjang 5,5 km beroperasi sejak 2019.

Jalan Tol Cijago merupakan bagian dari Jalan Tol JORR II terdiri atas ruas Cengkareng–Kunciran (15,2 km), Kunciran–Serpong (11,2 km), Serpong–Cinere (10,1 km), Cinere–Jagorawi (14,6 km), Cimanggis–Cibitung (25,4 km), Cibitung–Cilincing (33,9 km), dan Akses Tanjung Priok (12,1 km).

Penyelesaian konstruksi Tol Cijago Seksi 3 akan meningkatkan konektivitas Tol JORR II yang berdampak positif mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, memperlancar mobilitas warga, dan mengurangi kemacetan di ruas tol lainnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here