Pemudik Mulai ‘Disweeping’, Bahkan Rumahnya Ditempelin Stiker

160
Satgas Covid 19 Kecamatan Beji saat menempelkan stiker di rumah pemudik

Beji | jurnaldepok.id
Tim Gugus Tugas Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, melakukan penempelan stiker di rumah warga yang melakukan mudik atau pulang kampung.

Ketua Harian Satgas penanganan Covid 19 Kelurahan Kemirimuka, Frinasyah mengatakan, upaya ini dilakukan sebagai langkah tracing mencegah timbulnya penularan COVID-19. Dia mengatakan, warga harus lebih aktif mendeteksi penyebaran COVID-19 di lingkungan sekitar.

“Kalaupun ada yang terpapar kita harus mampu dengan segera memisahkan atau mendatakan dan melaksanakan tracing, treatment kepada para pemudik yang terpapar COVID-19,” ujarnya, kemarin.

Dia menjelaskan, penempelan stiker ini berlaku bagi pemudik yang berada di wilayahnya dan juga ditempelkan ke rumah pemudik yang melakukan isolasi mandiri karena terpapar COVID-19.

“Sedangkan warga yang sudah diperiksa dan dinyatakan negatif, maka akan ditempeli stiker warna hijau. Kemudian warga yang positif COVID-19, maka rumahnya akan ditandai dengan stiker merah. Untuk stiker merah sementara ada sekitar tiga rumah dan mereka menjalani isolasi mandiri,” paparnya.

Adapun bagi warga mudik yang belum kembali ke rumahnya, rumahnya akan ditempeli stiker warna kuning.

‘Di dalam stiker itu ada intruksi kepada warga tersebut agar segera menghubungi nomor Satgas Covid-19 yang tertera di stiker setelah tiba di wilayahnya, guna dilakukan tes kesehatan,” katanya.

Kepala UPTD Puskesmas Kemiri Muka, Hilma Handayani menuturkan, warga yang menjalani rapid test antigen ini berdasarkan data dari RT-RW, kelurahan dan pihak kecamatan.

“Alhamdulillah, hasilnya non reaktif semuanya. Beberapa warga di sini juga sudah banyak yang mandiri melakukan pemeriksaan Covid-19 sebelum kembali ke Depok,” jelasnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan rapid test antigen dilakukan pada hari Selasa dan Kamis. Sebab, ujarnya, sudah ada jadwal yang ditetapkan untuk puskemas di Kecamatan Beji.

“Kami menyiapkan enam petugas yang melakukan pemeriksaan antigen ini. Pelaksanaannya dimulai pukul 10.00-12.00 WIB,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here