Mutiara Ramadhan: Kekuatan Do’a Orang Yang Berpuasa

31
Mohammad Idris

Oleh
Dr. KH. Mohammad Idris, MA.
Wali Kota Depok

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS Al Baqarah: 186)

Soimin dan soimat, khususnya warga Depok yang dirahmati Allah SWT. Surat Al-Baqoroh ayat 183-187 dikenal dengan paragraf ayat-ayat puasa, begitu pentingnya ayat ini (Al-Baqoroh: 186), Allah SWT sampai mencantumkan ke dalam paragraf ayat-ayat puasa, ternyata sesuatu yang dianggap penting oleh Allah SWT itu adalah doa.

Allah SWT menegaskan dalam ayat ini (Al-Baqoroh: 186), bahwa tidak ada jarak antara Allah dengan kita sebagai hambaNya, apabila kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT.

Allah SWT akan senantiasa memberikan jawaban atas keinginan dan harapan kita, selama kita yakin bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Pemurah serta tentunya disertai dengan ikhtiar
kita.

Di bulan puasa yang penuh limpahan rahmat ini, do’a orang-orang yang berpuasa akan diijabah (dikabulkan) oleh Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Ada tiga do’a yang tidak tertolak (mustajab): (1) doa pemimpin yang adil, (2) doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) doa orang yang terzhalimi”. (HR Tirmizi)

Sebuah peluang yang diberikan Allah SWT kepada kita yang berpuasa, untuk kita perbanyak
doa-doa kita kepada Allah SWT di bulan Ramadhan.

Kita catat semua doa-doa khusus kita, kita persembahkan, kita lantunkan itu kepada Allah SWT. Dengan bahasa apa pun, Allah SWT sangat mengerti tentang kebutuhan kita.

Di bulan yang penuh rahmat ini, kita terus panjatkan do’a untuk kita, untuk orang tua kita, untuk pasangan kita, untuk anak cucu kita, untuk para pemimpin kita, serta untuk bangsa dan negara kita.

Soimin dan soimat yang diberkahi Allah SWT, kita pun terus berdo’a agar bangsa kita segera diselamatkan dan dibebaskan dari pandemic Covid-19 ini.

Yakinlah bahwa Allah SWT akan segera mengijabah doa kita dengan kita diselamatkan dan
diamankan dari pandemi yang mencemaskan ini.|*

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here