Mutiara Ramadhan: Ramadhan dan Pandemi

22
Mohammad Idris

Oleh:
Dr. KH. Mohammad Idris, MA.
Wali Kota Depok

Kaum muslimin dan muslimat, khususnya warga Depok yang saya cintai, Ramadan kali ini masih dalam suasana pandemi COVID-19, saya mengajak mari kita teruskan perjuangan menghadapi pandemi COVID-19 dengan 2i 3M 3T (iman, imun, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, testing, tracing, treatment).

2i, iman dan imun. Iman, yaitu dengan memperkokoh keyakinan kita kepada Allah SWT serta menyakini bahwa Allah SWT sudah memberikan ketentuan-ketentuan dalam hidup kita.

Tentunya ini merupakan sebuah cobaan bagi kita semuanya dan harus kita hadapi dengan hati yang ikhlas, ridho kepada Allah SWT, serta meyakini bahwa Allah SWT qodiirun ala kulli syaiin
(Maha Kuasa atas segala sesuatu).

Yang kedua, yaitu imun, bagaimana kita menjaga imunitas dan kesehatan diri kita dengan cukup tidur, berolahraga, serta menambah dengan vitamin-vitamin yang kita konsumsi untuk imunitas tubuh kita.

Kaum muslimin dan muslimat, warga Depok khususnya yang saya hormati yang saya banggakan tentunya ketentuan 3M dan juga realisasi 3T terus kita lakukan, dengan harapan bahwa dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan, kita dapat melaksanakannya dengan hati yang khusyuk, hati yang ceria, tetapi tetap menjaga kesehatan.

Rasulullah saw pernah bersabda: “Lakukanlah shaum/puasa maka kalian akan sehat”, sehat jasmani, sehat rohani, sehat fisik, dan sehat mental tentunya. Sehingga, ritual-ritual ibadah yang kita lakukan selama bulan Romadhan mendapatka nilai pahala yang berlipat disisi Allah SWT.

Selain itu, tentunya kegiatan-kegiatan sosial terhadap sesama, perhatian kita kepada tetangga, perhatian kita untuk memberikan kebaikan kebaikan kepada sesama, serta perhatian kita kepada protokol kesehatan terus kita tingkatkan di bulan suci ini, sebab kita masih dalam kondisi
pandemi COVID-19.

Mudah-mudahan Allah SWT dengan keikhlasan kita, ketulusan kita, Allah SWT benar-benar memberikan keberkahan, rahmat diturunkan kepada kita semuanya, yaitu kesehatan kita secara rohani, jasmani, dan kesehatan bangsa dan negara kita.|*

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here