Tanggul Kali Cabang Tengah Jebol, Puluhan Rumah Terendam Banjir

127
Salah seorang warga saat membersihkan musolah yang terendam banjir

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Hujan deras yang mengguyur Kota Depok, pada Sabtu(17/4) malam mengakibatkan tanggul Kali Cabang Tengah jebol hingga merendamkan puluhan rumah di RW 09 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Banjir juga merendamkan bangunan Masjid Al- Istiqomah sehingga warga setempat tidak bisa menunaikan ibadah Sholat Tarawih Berjamaah. Warga terpaksa menunda Salat Tarawih dan bergotong royong membersihkan genangan air.

Seorang warga setempat, Denis kepada wartawan mengatakan, kejadian juga pernah terjadi sebelumnya sekitar pada bulan Maret 2021 lalu.

“Air kali meluap ke Jalan Mujair, dan masuk ke sejumlah rumah warga yang lokasinya hanya berjarak beberapa meter dari lokasi tanggul, dengan ketinggian kurang lebih semata kaki orang dewasa,” ujarnya, kemarin.

Dia mengatakan, jebolnya tanggul ini sudah diprediksi oleh warga sekitar. Denis mengatakan, air mulai surut sekira pukul 08.00 WIB.

“Mulai surut pukul 08.00 WIB. Saya ngecek pukul 09.00 WIB sudah kering sih,” katanya.

Tidak jauh dari lokasi Jalan Mujair, banjir juga merendam di Jalan Sawangan Raya Kali Cabang Tengah Depok meluap hingga banjir setinggi 30 sentimeter.

“Iya banjir di Jalan Raya Sawangan, dari arah Nusantara mau ke arah Jalan Raya Sawangan,”kata salah satu warga Perumnas Depok Jaya, Amelia.

Dia mengatakan banjir di Jalan Raya Sawangan dinilai banjir yang pertama kali dimana lokasi tersebut tidak pernah terjadi banjir.

Warga lainnya, Harry menambahkan puluhan rumah yang terendam air akibat meluapnya kali dan longsornya sisi utara Kali Cabang Tengah di Jalan Mujair.

“Kalau dulu kali tersebut ada grojokan besar, dan pintu irigasi yang mengairi empang yang saat ini berubah menjadi Taman Lembah Gurame,”katanya.

Biasanya kalau ada perubahan saluran irigasi ada Feel Banjirnya, namun dia tidak mengetahui hal tersebut.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Denny Setiawan menambahkan tanggul tidak mampu menahan derasnya aliran sungai sehingga mengalami jebol dan berdampak banjir pada beberapa wilayah seperti Simpang Lima Sandra, Jalan Raya Sawangan (depan sekolah Bintara) sampai ke perumahan di sekitar Jalan Mujair.

“Beberapa wilayah terendam banjir dengan kedalaman kurang lebih 30cm. Namun setelah kami tangani, banjir pun surut,”katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mendapat laporan dari masyarakat bahwa tanggul Kali Cabang Tengah jebol.

“Kami langsung meninjau ke lokasi bersama SDA Provinsi Jabar. InsyaAllah permasalahan banjir ini bisa tertangani,” katanya.

Imam menduga air kali yang meluap ke pemukiman warga karena bangunan tanggul yang ada di tengah sudah tidak berfungsi. Sehingga air meluap ke pemukiman warga.

“Dengan adanya Dinas SDA Pemrov Jabar yang turun langsung ke wilayah ini, persoalan banjir bisa tertangani. Ia juga turut prihatin atas kejadian banjir yang menimpa warga sekitar Kali Cabang Tengah. Mudah-mudahan bisa tertangani. Bagi masyarakat yang terkena musibah saya turut berduka cita mudah-mudahan Allah memudahkan dan mengganti yang baik,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here